Orang Tua Wajib Tahu, Begini Tips Dasar Memandikan Bayi Baru Lahir
Ilustrasi (RDNE Stock Project/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memandikan bayi yang baru lahir adalah sesuatu yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang tua baru. Ini merupakan salah satu momen penyatu antara orang tua dan anak. Namun demikian, Anda mungkin juga memiliki pertanyaan dan kekhawatiran terkait memandikan bayi yang baru lahir. Apakah si kecil akan nyaman saat badannya dibasuh air atau mungkin Anda tidak yakin bagaimana menemukan suhu air yang tepat bagi si kecil.

Yakinlah, memandikan bayi tidak serumit yang Anda bayangkan. Berikut beberapa tips dasar dapat membantu Anda merasa percaya diri dengan tugas mengasuh anak, disadur dari Very Well Family, Rabu, 7 Juni.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Aktivitas mandi di minggu-minggu awal kehidupan si kecil akan berbeda dibandingkan dengan mandi yang dilakukan bayi saat usianya sudah lebih besar. 24 jam pertama setelah kelahiran adalah waktu yang unik dalam kehidupan anak. Mereka baru belajar tentang dunia di sekitar mereka, menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan juga belajar cara menyusui.

Bayi lahir dengan lapisan lilin atau vernix, yang merupakan pelembab alami dan juga memiliki sifat antibakteri. Meski tampaknya berlawanan dengan intuisi, menunda mandi pertama membuat kulit bayi Anda tetap lembut, sehat, dan bersih. Mandi segera setelah lahir juga dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh dan dapat menyebabkan gula darah rendah.

Memandikan bayi terlalu cepat setelah lahir juga dapat mengganggu waktu bonding antara orang tua dan anak yang sangat diperlukan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa menunda mandi pertama kali meningkatkan tingkat pemberian ASI eksklusif setelah melahirkan serta peluang keberhasilan menyusui yang berkelanjutan.

Memandikan Bayi Sebelum Lepas Tali Pusar 

Florencia Segura, MD, dokter anak bersertifikat di Einstein Pediatrics di Wina, VA, mencatat bahwa AAP merekomendasikan memandikan bayi dengan spons sampai tali pusar terlepas dan sembuh, yang dikenal sebagai perawatan tali pusat kering.

"Menjaga tali pusat sebersih dan sekering mungkin untuk penyembuhan sangat penting guna meminimalkan infeksi," kata Segura.

Berikut tips memandikan bayi dengan spons:

  • Kumpulkan semua perlengkapan, termasuk waslap atau spons bayi, baskom berisi air, dan handuk.
  • Bersihkan bayi di permukaan yang aman seperti meja ganti atau tempat tidur. Anda juga bisa meletakkan handuk atau selimut di lantai agar permukaannya lebih empuk atau meletakkan bayi di pangkuan Anda. Jika bayi berada di permukaan yang tinggi, pastikan untuk tetap memegangnya dengan satu tangan setiap saat agar tidak jatuh.
  • Berhati-hatilah agar air tidak masuk ke mata bayi dan jangan langsung menyeka tunggul tali pusat penyembuhannya.
  • Pastikan Anda menjaga si kecil tetap hangat selama proses tersebut, karena bayi yang baru lahir bisa cepat kedinginan. Salah satu caranya yaitu dengan membungkusnya dengan handuk, membuka setiap bagian tubuh saat Anda membersihkannya.

Setelah Tali Pusar Lepas

Tunggul tali pusar bayi akan lepas dalam tiga minggu pertama setelah dilahirkan. Setelah titik ini, Anda bisa mulai memandikannya. Para ahli merekomendasikan penggunaan bak mandi bayi dengan permukaan anti selip di dalamnya agar bayi tetap aman. Berikut langkah-langkah selanjutnya:

  • Kumpulkan barang-barang seperti popok baru, pakaian ganti, waslap, dan sabun bayi.
  • Tempatkan bak mandi bayi di permukaan yang datar atau rata
  • Isi bak mandi dengan beberapa inci air hangat. Periksa suhu dengan lengan bawah atau siku Anda untuk memastikan tidak terlalu panas.
  • Lepaskan pakaian bayi dan masukkan tubuh anak dengan lembut ke dalam air, pastikan bagian belakang kepala dan lehernya ditopang tangan Anda. Gunakan tangan yang lain untuk membasuh badan anak.
  • Basahi waslap dan tambahkan sedikit baby wash jika perlu. Bersihkan wajah bayi dengan lembut terlebih dahulu, lalu turunkan ke tubuhnya. Pastikan untuk masuk ke semua lipatan dan lipatan.
  • Bilas bersih, pastikan untuk menghilangkan semua sabun.
  • Angkat bayi Anda keluar dari bak mandi dan bungkus dengan handuk agar tetap hangat. Tepuk lembut kulit bayi hingga kering.
  • Oleskan sedikit losion bayi, jika perlu, dan selesaikan waktu mandi dengan popok dan pakaian baru.

Pastikan untuk menjaga bayi dengan satu tangan setiap mandi. Jika Anda perlu pergi sebentar, bawa serta si kecil bersama Anda dan bungkuslah dengan handuk. Ingat, bayi bisa cepat tenggelam meski hanya dalam beberapa inci air.