Mengenal Apa Itu Tummy Time, Kegiatan yang Mempercepat Tumbuh Kembang Bayi
Ilustrasi tummy time (Freepik/bristekjegor)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tummy time merupakan aktivitas penting yang perlu diterapkan setiap orang tua kepada bayi. Aktivitas ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Namun masih banyak orang tua yang belum tahu apa itu tummy time dan cara melakukannya, terlebih para pasangan muda atau penganten baru. 

Biasanya dokter akan menganjurkan kepada orang tua untuk melakukan tummy time pada waktu beberapa hari setelah bayi lahir. Tummy time menjadi kegiatan menyenangkan dan bermanfaat bagi buah hati. Lantas apa saja manfaat tummy time dan bagaimana cara melakukannya?

Apa Itu Tummy Time?

Tummy Time adalah latihan tengkurap pada bayi yang baru lahir hingga usia beberapa bulan. Sebenarnya tidak ada aturan pasti di usia berapa idealnya bayi harus melakukan tummy time.

Menurut American Academy of Pediatrics, kegiatan tummy time sebaiknya dilakukan beberapa hari saat bayi lahir hingga memasuki usia beberapa bulan. Disarankan bagi orang tua untuk tidak menunda kegiatan tummy time bayi atau jangan kelamaan menundanya. 

Manfaat Tummy Time

Tummy time atau latihan tengkurap merupakan tahapan penting bagi perkembangan bayi. Apalagi tengkurap adalah posisi awal sebelum bayi mampu merangkak dan berjalan. Tummy time bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot dan sendi, serta melatih keterampilan motorik pada bayi. 

Berikut sejumlah manfaat melakukan tummy time sebagai kegiatan parenting pada bayi:

Melatih Kekuatan Otot

Kegiatan tummy time berperan dalam meningkatkan kekuatan otot pada tubuh bayi. Saat si kecil melakukan gerakan tengkurap, maka otot pada bagian leher dan pundak akan bekerja. Bagi akan mencoba bergerak mengangkat kepalanya. 

Selain leher dan pundak, otot pada dada, bahu, dan lengan bayi turut bergerak saat melakukan tummy time. Kegiatan ini akan membuat otot-otot bayi menjadi lebih kuat. 

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik bayi juga akan meningkat dengan sering melakukan tummy time. Kegiatan tummy time akan membuat bayi melatih keseimbangannya. Tummy time yang dilakukan secara rutin akan mendorong bayi untuk cepat merangkak, duduk, berguling, hingga berjalan secara perlahan. 

Mencegah Plagiocephaly

Manfaat lainnya dari kegiatan tummy time adalah mencegah plagiocephaly. Plagiocephaly atau flat head syndrome termasuk salah satu kelainan yang kerap dialami bayi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika sebagian kepala bayi berbentuk datar atau peyang. 

Penyebabnya plagiocephaly karena posisi tidur bayi yang sama secara terus menerus. Dengan melakukan tummy time, maka bayi tidak akan terus menerus berada pada posisi telentang sehingga risiko terkena plagiocephaly pun sangat minim. 

Meningkatkan Kontrol Kepala

Tummy time juga bermanfaat untuk meningkatkan kontrol kepala pada bayi. Seringkali bobot kepala menjadi salah satu penyebab bayi kesulitan belajar merangkak dan duduk. Hal ini terjadi karena kepala merupakan bagian tubuh bayi yang bobotnya cukup berat. Dengan melakukan tummy time maka bayi akan semakin terlatih mengendalikan kepala. 

Mencegah Perut Kembung

Kegiatan tummy time juga bisa mencegah perut kembung pada bayi. Perut kembung biasanya dialami bayi karena saluran pencernaannya belum bekerja dengan optimal. Dengan melakukan tummy time maka akan merangsang saluran pencernaan bayi sehingga bisa mencegah perut kembung. 

Cara Melakukan Tummy Time

Cara melakukan tummy time pada bayi cukup mudah. Orang tua bisa melakukan kegiatan ini setelah bayi ganti popok, bangun tidur siang, atau usai mandi. Ikuti tips atau langkah-langkah berikut ini untuk melakukan tummy time dengan benar.

  • Pilih tempat datar untuk melakukan tummy time. Misalnya di lantai dan kasur, atau bisa juga di atas perut dan pangkuan Bunda.
  • Pastikan tempat atau permukaan untuk tummy time dalam kondisi bersih. Beri alas memakai kain lembut, seperti selimut atau bantal tipis agar bayi nyaman. 
  • Letakkan bayi secara perlahan pada posisi tengkurap.
  • Lakukan interaksi dengan si kecil, seperti mengajak bercanda, berbicara, atau bermain. 
  • Anda bisa menaruh cermin di depan bayi agar perhatiannya bisa teralihkan dengan melihat bayangannya. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu tummy time dan bagaimana cara melakukannya. Tummy time bisa dilakukan dengan mudah setelah si kecil ganti popok atau mandi. Tummy time merupakan kegiatan penting yang berguna untuk mempercepat perkembangan bayi, yakni pada otot dan motoriknya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.