Alasan Pentingnya ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi di Era Sekarang
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Normalnya, ASI ibu akan keluar tidak lama setelah melahirkan. Bayi harus mendapat ASI eksklusif hingga usia 6 bulan.

ASI eksklusif berarti hanya minum ASI saja selama 6 bulan pertama, bahkan tidak diberi air putih, menurut rekomendasi World Health Organization (WHO).

Sementara itu, dikutip dari riset terbitan Revista da Associação Médica Brasileira, kandungan immunoglobulin A pada ASI mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terlindungi dari infeksi, sehingga penting untuk memberikan ASI pada bayi.

Kekebalan tubuh sangatlah penting di era sekarang mengingat banyak penyakit dan virus-virus baru yang bermunculan, seperti halnya pandemi kemarin.

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, pemberian ASI eksklusif juga dapat mengoptimalkan perkembangan anak, meminimalisir munculnya alergi hingga membantu mencapai berat badan ideal anak.

Akan tetapi tidak semua ibu memiliki produksi ASI yang lancar, kendala yang sering terjadi adalah produksi ASI yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Umumnya, produksi ASI seorang ibu dapat berkurang paling banyak disebabkan oleh pelekatan yang kurang tepat antara mulut bayi dan puting susu ibu.

Selain itu, frekuensi menyusui yang jarang, konsumsi kontrasepsi hormonal kombinasi, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh juga dapat mengurangi produksi ASI.

Untuk memperbanyak produksi ASI, perlu lebih sering menyusui bayi karena rangsangan hisap mulut bayi ke puting susu ibu dapat merangsang produksi ASI.

Selain itu, prosedur pemompaan atau pemerahan ASI, pemijatan payudara, juga dapat menambah jumlah ASI. Mengetahui pentingnya pemberian ASI eksklusif tersebut, Spectra yang merupakan brand atau merek dari Korea Selatan di bawah naungan PT Aneka Sukses Semesta, menyediakan berbagai produk untuk ibu dan anak khususnya pompa ASI berkualitas dengan teknologi terbaik.

Spectra yang hadir di Indonesia pertama kali pada 2013 dengan produk utama pompa ASI elektrik ini, berhasil menjadi pilihan nomor satu ibu menyusui karena keunikan di hisapan dan getarannya yang menyerupai hisapan bayi, sehingga dapat menstimulasi LDR (Let Down Reflex) menjadi lebih cepat dan lebih sering.

"Pompa ASI Spectra dilengkapi dengan dua mode yaitu Expression dan Massage, yang dapat menstimulasi LDR (Let Down Reflex) lebih cepat, lebih sering, dan lebih lama," ungkap Nisrina Nuraini Putri selaku Creative Digital Marketing Manager, dikutip Jumat .

Tidak hanya itu, pompa ASI yang dirancang untuk memudahkan para ibu menyusui ini juga sudah dilengkapi dengan fitur dual pumping dimana ibu dapat memompa payudara secara dua sekaligus, lebih hemat waktu dan hasil lebih maksimal.

Selain itu, pompa ASI Spectra juga dapat digunakan secara manual maupun elektrik dengan standar Hospital Grade yang memiliki durabilitas motor/mesin yang tangguh. Dilengkapi dengan garansi resmi 2 tahun dan sparepart yang mudah ditemukan di toko perlengkapan bayi.