Bagikan:

YOGYAKARTA – Posisi duduk terlalu lama, dapat berbahaya bagi kesehatan. Maka banyak penelitian menelusuri apa yang bisa meminimalisir efek buruk duduk terlalu lama. Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Columbia, merekomendasikan berjalan 5 menit setiap setengah jam duduk dapat mengurangi efek berbahaya dari duduk.

Keith Diaz, Ph.D., profesor pengobata perilaku di Vagelos College of Physicians and Surgeons, menguji lima exercise snacking atau camilan gerak dan olahraga untuk mencari solusi atas bahaya duduk berlebihan. Di antaranya termasuk 1 menit berjalan setiap 30 menit duduk, 1 menit setelah 60 menit, 5 menit setiap 30 menit, 5 menit setiap 60 menit, dan tidak berjalan sama sekali.

"Jika kami tidak membandingkan beberapa opsi dan memvariasikan frekuensi dan durasi latihan, kami hanya akan dapat memberikan tebakan terbaik kami tentang rutinitas optimal kepada orang-orang," kata Diaz dilansir Healthline, Senin, 23 Januari.

berjalan kaki untuk kesehatan menurut penelitian
Ilustrasi berjalan kaki untuk kesehatan menurut penelitian (Freepik/lookstudio)

Ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa duduk terlalu lama, seperti yang dilakukan di kantor, berbahaya bagi kesehatan, bahkan bagi mereka yang berolahraga secara teratur. Dokter menyarankan orang dewasa untuk lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk. Dalam penelitian yang dilakukan Diaz dan tim, peserta duduk di kursi ergonomis selama 8 jam dan bangun hanya periode latihan berjalan dengan treadmill atau ke kamar mandi. Penelitian ini memastikan setiap peserta tidak berolahraga berlebihan atau kurang berolahraga. Skala tekanan darah dan gula darah dari peserta juga diukur.

Ketika duduk, peserta diizinkan bekerja dengan laptopn, membaca, dan menggunakan ponsel selama sesi latihan. Makanan yang dikonsumsi juga standar. Dari penelitian ini, peneliti melaporkan bahwa berjalan kaki setiap 5 menit setiap 30 menit memberikan hasil terbaik. Dengan menjalankan durasi dalam penelitian tersebut, ternyata juga mengurangi lonjakan gula darah hingga 58 persen dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

Tetapi berjalan setiap 60 menit, baik selama 1 atau 5 menit, tidak memberikan manfaat. Setiap kategori ujian, semuanya secara signifikan mengurangi tekanan darah sebesar 4-5 mmHg dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

“Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang Anda harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan,” jelas Diaz.

Kelima kategori di atas, namun tidak memengaruhi kognisi. Kemudian para ahli mengatakan, perubahan kecil mungkin diperlukan termasuk meluangkan waktu berjalan kaki 5 menit setiap setengah jam duduk. Atau Anda bisa meluangkan waktu 40 menit aktivitas fisik setiap kerja 8 jam untuk mengurangi masalah punggung, menjaga agar otot ligament dan persendian tetap kendur, serta membantu mengatasi kekakuan.