Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Senam Aerobik (Gambar Gabin Vallet - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Latihan aerobik adalah aktivitas apa pun yang membuat darah Anda terpompa dan kelompok otot besar bekerja. Ini juga dikenal sebagai aktivitas kardiovaskular, seperti apa manfaat senam aerobik? Contoh latihan aerobik meliputi:

  • jalan cepat
  • renang
  • pembersihan berat atau berkebun
  • berlari
  • bersepeda
  • bermain sepakbola

Para ahli merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan aerobik sedang, atau 75 menit aktivitas berat setiap minggu. Jalan cepat atau berenang adalah contoh aktivitas sedang. Berlari atau bersepeda adalah contoh aktivitas berat.

Tetapi mengapa latihan aerobik dianjurkan? Baca terus untuk mengetahui tentang manfaatnya dan untuk mendapatkan tip tentang cara memasukkan latihan aerobik ke dalam rutinitas Anda.

Manfaat Senam Aerobik

Senam Aerobik (Gambar Anupam Mahapatra - Unsplash)
Senam Aerobik (Gambar Anupam Mahapatra - Unsplash)

 

  1. Meningkatkan kondisi kardiovaskular.
  2. Mengurangi risiko penyakit jantung.
  3. Menurunkan tekanan darah.
  4. Meningkatkan HDL atau kolesterol "baik".
  5. Membantu mengelola gula darah dengan lebih baik.
  6. Membantu dalam manajemen berat badan dan / atau penurunan berat badan.
  7. Meningkatkan fungsi paru-paru.
  8. Menurunkan detak jantung istirahat.

Keamanan berolahraga

Dianjurkan agar Anda berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan. Tanyakan apa, jika ada, batasan yang mungkin Anda miliki. Orang yang menderita diabetes, hipertensi, penyakit jantung, radang sendi, kondisi paru-paru, atau kondisi kesehatan lainnya mungkin memerlukan pedoman keselamatan tambahan untuk berolahraga.

Catatan: Jika Anda mengalami gejala selama berolahraga termasuk, namun tidak terbatas pada, sesak napas yang tidak biasa; sesak di dada; nyeri dada, bahu, atau rahang; pusing; kebingungan; atau nyeri sendi, Anda harus segera berhenti berolahraga dan menghubungi dokter Anda.

Seberapa sering dan berapa lama saya harus melakukan latihan ini?

The American Heart Association merekomendasikan agar setiap orang mencapai minimal 30 menit dari beberapa bentuk latihan kardiovaskular 5 sampai 7 hari per minggu. Ini dapat dipecah menjadi periode waktu 10 menit. Ini berarti bahwa berjalan kaki 3 kali masing-masing 10 menit akan membuat Anda mencapai pedoman minimum yang disarankan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Anda juga akan membakar jumlah kalori yang sama seperti jika Anda berjalan selama 30 menit penuh dalam satu waktu.

American College of Sports Medicine merekomendasikan minimal 3 sesi 30 menit dari total harus terdiri dari latihan sedang hingga berat untuk meningkatkan kebugaran kardio-pernafasan dan membantu mengatur berat badan.

Sangat tepat untuk melakukan latihan aerobik setiap hari. Tidak perlu istirahat di antara sesi kecuali Anda berada pada tingkat latihan yang ekstrem, seperti mempersiapkan maraton, atau jika Anda mengalami nyeri sendi yang berulang. Jika nyeri sendi merupakan faktor pembatas, akan tepat untuk mengganti latihan yang tidak terlalu menyakitkan dengan latihan yang dapat menyebabkan nyeri sendi atau menghentikan latihan yang menyakitkan sendi Anda.

Jadi setelah mengetahui manfaat senam aerobik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!