5 Potensi Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan
Ilustrasi potensi manfaat pijat refleksi untuk kesehatan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pijat refleksi dilakukan dengan memijat bagian tubuh tertentu, antara lain tangan, kaki, hingga daun telinga. Pijat ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan memiliki beberapa manfaat potensial lainnya.

Pijat refleksi adalah pijat kuno yang telah dipraktikkan selama berabad-abad dalam banyak budaya di dunia. Manfaatnya paling mendasar adalah untuk memperbaiki kondisi kesehatan.

Menurut terapis pijat refleksi berlisensi di Cleveland Clinic, Victoria Bodner, refleksiologi adalah jenis terapi yang berfokus pada penerapan tingkat tekanan yang berbeda-beda pada titik tubuh tertentu. Penelitianmemperrkirakan bagian-bagian pada kaki, berkorelasi dengan area tubuh tertentu. Saat ini, pijat refleksi merupakan terapi untuk menghilangkan rasa sakit, masalah tidur, masalah pencernaan, dan selengkapnya berikut manfaat potensial pijat refleksi untuk kesehatan.

1. Meredakan rasa sakit

Menurut penelitian, pijat refleksi dapat meredakan nyeri sehingga mendapatkan relaksasi dan istirahat. Penelitian yang dipublikasikan Journal of Special Operations Medicine pada 2018, melibatkan 311 pasien dengan nyeri musculoskeletal atau saraf kronis di Fort Bragg, North Carolina.

potensi manfaat pijat untuk kesehatan
Ilustrasi potensi manfaat pijat refleksi untuk kesehatan (Freepik/macrovector)

Peserta menerima pijat refleksi kaki selama 25 menit sebagai bagian perawatan standar mereka. Setelah satu sesi pijat refleksi, para pasien ditanya tentang manfaat yang dirasakan. Sejumlah rata-rata peserta laki-laki melaporkan penurunan rasa nyeri sebanyak 43 persen. Sedangkan peserta perempuan melaporkan penurunan rasa nyeri 41 persen.

Penelitian lain dilansir Everyday Health, Senin, 19 Februari, menemukan bahwa pijat refleksi membantu meringankan rasa sakit akibat sindrom pramenstruasi (PMS). Meskipun perlu dilakukan banyak penelitian, tetapi pijat refleksi dianggap potensial untuk kesehatan.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Pijat refleksi bermanfaat mendorong relaksasi. Sebuah meta analisis diterbitkan September 2020 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, menemukan peningkatan signifikan dalam depresi, kecemasan, dan kualitas tidur pada 2.300 pasien.

potensi manfaat pijat refleksi untuk kesehatan
Ilustrasi potensi manfaat pijat refleksi untuk kesehatan (Freepik)

3. Memperbaiki kualitas tidur

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau sulit mendapatkan kualitas tidur, bisa mempertimbangkan manfaat potensial pijat refleksi. Menurut penelitian, diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing pada 2021, melibatkan hampir 4.000 pasien. Penelitian ini menemukan bahwa pijat refleksi menghasilkan peningkatan kualitas tidur yang signifikan bagi orang yang melaporkan gangguan tidur.

4. Meringankan gejala kanker dan pengobatan kanker

Perawatan kanker dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Beberapa penelitian menunjukkan, pijat refleksi memiliki manfaat sebagai terapi pelengkap membantu pasien mengatasi masalah di atas. Penelitian diterbitkan dalam Asian Pasific Journal of Cancer Prevention tahun 2019. Dilakukan pada 57 pasien kanker payudara nonmetastatik yang menjalani terapi.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu menerima dua sesi pijat refleksi setiap minggu selama empat minggu selain perawatan standar dan kelompok kedua hanya mendapat perawatan standar tanpa sesi pijat refleksi. Pada akhir penelitian, pasien yang menerima pijat refleksi melaporkan lebih sedikit rasa lelah dibandingkan yang tidak mendapatkannya.

5. Meringankan masalah pencernaan

Meskipun masih sedikit bukti yang menunjukkan manfaat pijat refleksi untuk mengatasi masalah pencernaan, tetapi terapi ini potensial. Menurut penelitian terhadap 19 pasien wanita yang menderita sembelit kronis, 94 persen melaporkan gejala sembelit membaik setelah menjalani terapi pijat refleksi kaki selama enam minggu.

Secara keseluruhan, pijat refleksi memiliki potensi manfaat bagi kesehatan. Praktik yang dilakukan selama ratusan tahun lalu ini juga berisiko rendah dan dianggap aman selama dilakukan oleh terapis berlisensi dan dikonsultasikan pada dokter ahli.