Agar Bisa Hidup Tenang, Ini 6 Cara Memaafkan Diri Sendiri
Ilustrasi (Alleksana/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan yang akhirnya akan menyakiti dirinya sendiri. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan rasa marah yang berkepanjangan. Padahal rasa marah dan dendam tidak baik karena mengganggu ketenangan hidup. Supaya hidup Anda jadi damai kembali, berikut ini enam cara memaafkan diri sendiri yang bisa Anda coba lakukan. 

Menerima rasa bersalah sebagai emosi

Perasaan bersalah merupakan salah satu emosi yang wajar dirasakan manusia. Menurut Albert Nguyen, pekerja sosial klinis dari Palo Alto, California, melansir Psych Central, Selasa, 17 januari, rasa bersalah sama pentingnya dengan emosi lain.

Jika Anda merasa bersalah, coba biarkan perasaan itu mengalir tanpa harus dikontrol. Merasakannya dapat membantu Anda memproses perasaan tersebut dan bangkit dari keterpurukan. Sedangkan terlalu memikirkannya membuat Anda terjerat dalam lingkaran rasa bersalah tanpa ujung yang dapat memengaruhi kesehatan emosional Anda.

Melakukan teknik welas asih

Menurut definisi, welas asih mengacu pada proses memperlakukan diri sendiri dengan perhatian yang sama seperti yang Anda lakukan pada seseorang yang dicintai. Ini termasuk tindakan memaafkan diri sendiri. Teknik welas asih bisa dilakukan dengan cara; 

  • mengubah pemikiran negatif dan self-talk
  • membuat jurnal tentang emosi kesalahan masa lalu, dan situasi yang menantang
  • melakukan perawatan diri
  • memberi diri Anda kata-kata penyemangat dan cinta tiap kali merasakan emosi negatif
  • mengingatkan diri sendiri bahwa Anda telah melakukan yang terbaik yang Anda bisa

Menyembuhkan luka

Saat terluka, tubuh segera memulai proses penyembuhan. Luka tersebut menyebabkan bekas untuk membantu jaringan di bawahnya sembuh. Merobek bekas dapat memperlambat proses penyembuhan. Alih-alih memikirkan kesalahan, Anda bisa coba fokus memikirkan hal-hal berbeda untuk mengalihkan rasa bersalah Anda.

Mempertimbangkan sudut pandang berlawanan

Saat Anda diliputi rasa bersalah, wajar jika menganggap pihak lain yang terlibat juga terpaku pada apa yang terjadi dengan cara yang sama. Namun, ini bisa saja terjadi dan bisa saja tidak. Mengingatkan diri sendiri bahwa orang lain mungkin tidak terpengaruh seperti yang Anda kira dapat membantu mengurangi rasa bersalah.

Minta maaf

Salah satu hal paling menantang dalam hidup adalah meminta maaf dari seseorang yang telah Anda sakiti. Jangan menghukum diri sendiri dan bersembunyi dari masalah. Cobalah berterus terang dan selesaikan masalah secara langsung.

Menenangkan diri sejenak

Sedang diliputi rasa bersalah saat ini? Mandi atau berendam dapat membantu melepaskan emosi negatif. Penelitian tahun 2011 menunjukkan bahwa aktivitas merawat diri dapat mengurangi perasaan bersalah atau ragu untuk sementara waktu. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri juga dapat membantu Anda memikirkan situasi dengan cara berbeda dan mendapatkan perspektif tentang tindakan selanjutnya.