4 Cara Memperbanyak Sperma dalam 1 Hari, Pria Wajib Tahu!
Ilustrasi (Unsplash/Dainis Graveris)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pria yang memiliki masalah kesuburan seperti kurangnya jumlah produksi sperma, perlu mengetahui cara memperbanyak sperma dalam 1 hari.

Perlu Anda ketahui, kesuburan pria merupakan proses yang sangat kompleks. Untuk membuat pasangan hamil seorang pria harus menghasilkan sperma yang sehat agar dapat membuahi sel telur.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per milimeter (ml) atau setidaknya 39 juta per ejakulasi. Bila kurang dari itu, peluang untuk hamil menjadi lebih kecil.

Lantas, bagaimana cara memperbanyak sperma dalam 1 hari? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Memperbanyak Sperma dalam 1 Hari

Menyadur laman Medical News Today, Minggu, 6 Februari 2024, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pria untuk meningkatkan produksi sperma secara cepat, di antaranya:

1. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Cara pertama untuk meningkatkan produksi sel sperma dalam 1 hari adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Kandungan antioksidan di dalam makanan dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dan memengaruhi produksi sperma.

Adapun aneka makanan meningkatkan produksi sperma antara lain kelompok buah beri-berian, buah delima, sayuran hujau termasuk bayam dan kale, kubis ungu, cokelat, ubi ungu, dan jeruk.

Selain itu, buah dan sayur berwarna merah seperti tomat, stroberi, dan paprika merah juga disarakan untuk dikonsumsi.  Aneka buah dan sayur tersebut mengandung likopen yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria.

2. Berhenti merokok dan menghindari minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat memengaruhi kualitas sperma dan kesuburan pria.

Asap rokok mengandung berbagai jenis zat kimia yang bisa merusak sperma dan menyebabkan masalah keseburan. Pun demikian dengan minuman beralkohol. Jenis minuman ini juga bisa menurunkan kualitas sperma dan juga gairah seksual.

Hal ini dibuktikan dari studi pada 6.000 pecanduk rokok yang mempunyai kualitas sperma yang rendah daripada perokok pasif. Gairah seksual dan disfungsi ereksi juga terganganggu akibat paparan rokok dan pengonsumsian alkohol secara konsisten.

3. Penuhi asupan vitamin D

Pada 2019, National Institute of Health meninjau 18 penelitian tentang hubungan vitamin D dengan tingkat kesuburan pria. Hasilnya ditemukan bahwa pria yang kekurangan vitamin D cenderung memiliki kadar testosterone atau hormon seks yang rendah. Hal ini membuat jumlah sperma yang keluar ketika ejakulasi menjadi lebih sedikit.

Untuk mendukung peningkatan jumlah sperma, seorang pria perlu memenuhi asupan vitamin D harian. Anda bisa mendapat manfaat vitamin D untuk kesuburan ini dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti minyak ikan kod, salmon, tuna, kuning telur, hati sapi, atau susu yang difortifikasi vitamin D. Selain itu vitamin D juga bisa diperoleh dari aktivitas berjemur di bawah sinar matahari pagi mulai pukul 08.00 hingga 10.00.

4. Konsumsi suplemen fenugreek

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health pada 2010, ditemukan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen ekstrak fenugreek 500 mg selama 4 kali dalam sepekan, mengalami peningkatan kadar testosteron.

Dengan demikian, konsumsi suplemen fenugreek dapat dijadikan sebagai cara untuk memperbanyak sperma dalam 1 hari.

Perlu Anda pahami, fenugreek yang dapat digunakan untuk meningkatkan kadar testosterone adalah fenugreek dalam bentuk ekstrak. Ekstrak ini biasanya terkandung dalam suplemen. Fenugreek utuh yang biasanya digunakan untuk masakan atau teh herbal tidak dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Demikian informasi tentang cara memperbanyak jumlah sperma dalam 1 hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.