Apa Saja Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Keseburuan Pria? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi pria dengan masalah kesuburan (Image by Darko Djurin from Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesuburan pria wajib dihentikan, terlebih bila Anda sedang menjalankan program hamil bersama pasangan.

Asal tau saja, urusan kesuburan tidak hanya terfokus pada wanita. Menurut Urology Care Foundation, ada sekitar 13 dari 100 pasangan yang tidak bisa hamil karena mengalami masalah infertilitas di mana sepertiga dari kasus keseburan ada pada pria.

Gangguan kesuburan paling besar yang dialami oleh pria terletak pada spermanya. Sayangnya, ada banyak pria yang tidak sadar jika kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan bisa dipengaruhi oleh berbagai berbagai kebiasaan harian yang dilakukan.

Lantas, apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesuburan pria? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kesuburan Pria

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 14 Januari 2024, berikut beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan kesuburan pada pria:

1. Merokok

Merokok termasuk kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesuburan pria. Di dalam asak rokok terkandung berbagai jenis zat kimia yang bisa merusak sperma dan menyebabkan masalah kesuburan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perokok memiliki jumlah sperma yang lerbih rendah ketimbang mereka yang tidak merokok. 

Disebutkan juga bisa sperma perokok mempunyai kerusakan DNA yang tidak bisa diperbaiki. Kebiasaan buruk ini dapat membatasi kemungkinan pembuahan normal dan mendapatkan kehamilan yang sehat.

2. Begadang

Kebiasaan begadang ternyata punya pengaruh yang cukup besar terhadap kesuburan pria. Seseorang pria yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam per hari bisa mengalami penurunan kesuburan hingga 31 persen.

Ketika kurang tidur, tubuh akan mengalami penurunan produksi hormon testosterone yang berperan penting terhadap pembentukan sperma. Oleh sebab itu, setiap pria perlu tidur yang cukup, yakni sekitar 7-8 jam setiap harinya.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga punya kontribusi terhadap penurunan kesuburan pada pria. Konsumsi alkohol secara berlebih dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma.

Sebuah riset menemukan, semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin rendah kualitas sperma, baik itu dalam hal jumlah serta ukuran.

4. Menyimpan telepon genggam di saku

Kebiasaan menyimpan telepon genggam di saku disinyalir dapat memengaruhi tingkat kesuburan pria.

Sebuah studi menemukan bahwa radiasi yang dipancarkan oleh telepon genggam alias ponsel dapat menghambat pergerakan sperma.

Tak hanya itu, suhu panas dari ponsel juga bisa meningkatkan suhu di area selangkangan yang mengganggu produksi sperma.

5. Konsumsi minuman bersoda secara berlebih

Minuman bersoda memiliki potensi untuk membuat keseburuan pria menurun. Para ilmuan mengungkapkan, minum empat gelas minuman bersoda dalam sehari bisa menurunkan jumlah sperma hingga 30 persen dan dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat berat badan naik. Banyak orang percaya bahwa pria yang mengalami kegemukan cenderung akan merasakan masalah kesuburan pula. Oleh sebab itu, penting untuk mengurangi kebiasaan yang satu ini.

6. Gemar mengonsumsi daging olahan

Menurut penelitian, pria yang mengonsumsi daging olahan secara berlebih, memiliki tingkat kesuburan yang rendah.

Konsumsi daging olahan secara berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas. Kondisi ini merupakan salah satu faktor yang dapat merusak kualitas sperma.

Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda mengurangi kebiasaan ini dan mengganti daging olahan dengan ikan yang notabene baik untuk kesehatan sperma. Kualitas sperma yang baik akan meningkatkan peluang kehamilan.

Demikian informasi tentang kebiasaan sehari-hari yang dapat menurunkan kualitas sperma. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.