Enggak Banyak yang Tahu, Ternyata 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata
Ilustrasi kebiasaan yang merusak mata (Unsplash/Nonsap Visuals)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebiasaan sehari-hari tanpa disadari memengaruhi kesehatan mata. Paling umum, menggosok atau mengucek mata dengan tangan kotor dapat menyebabkan infeks, cedera, dan beberapa kasus penglihatan bisa menurun kinerjanya.

Menurut Hailee Brayton, optometris dilansir Aurora Health Center, Jumat, 1 April, mengatakan terdapat kebiasaan-kebiasaan yang perlu dihentikan karena tak baik untuk mata. Kebiasaan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Menyentuh mata

Sentuhan lembut mungkin tak berpotensi signifikan merusak. Tetapi hati-hati, daripada mengoyak pembuluh darah, hindari menyentuh dan menggosok mata terutama jika tangan belum dicuci. Pasanya, bakteri dan virus dapat transfer ke bulu mata, kelopak mata, dan masuk ke mata.

Saran lainnya, jangan memetik bulu mata. Bulu mata berperan penting melindungi mata dari kotoran dan debu.

2. Menggunakan obat tetes mata setiap hari

Alih-alih mengurangi mata merah karena paparan debu, menggunakan obat tetes mata setiap hari tanpa resep bisa mengiritasi mata. Obat tetes mata mengandung bahan kimia, Anda bisa memilih tetes mata dengan formula ‘alami’ yang bisa didapatkan dengan resep dokter.

kebiasaan yang merusak mata
Ilustrasi kebiasaan yang merusak mata (Unsplash/Alexandru Zdrobau)

3. Mengabaikan mata kering

Jika Anda sering mengalami sensasi kering atau berpasir pada mata, bisa jadi tanda kondisi medis tertentu. Jika tidak diobati bisa merusak korena. Maka, mengenali masalahnya sehingga mendapatkan rekomendasi tepat untuk mengobati mata kering.

4. Tidak memakai pelindung mata

Menurut American Academy of Ophthalmology, hampir 45 persen cedera mata terjadi di rumah. Maka lindungi mata dari serpihan dengan mengenakan kacamata ketika melakukan perbaikan rumah atau berkerja di pekarangan.

5. Tidak memakai kacamata sunscreen

Kacamata bisa memblokir sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan mata dari waktu ke waktu, termasuk katarak, pertumbuhan mata, dan degenerasi makula. Kacamata sunscreen juga meminimalkan efek cahaya terang yang bagi sebagian orang dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata merah.

6. Merias mata berlebihan

Riasan mata yang diaplikasikan dekat garis bulu mata, bisa menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan infeksi. Jika memakainya, bersihkan riasan sebelum Anda tidur untuk mencegah kekeringan, iritasi, dan kemungkinan infeksi. Selain itu, bersihkan aplikator untuk riasan mata secara rutin untuk mengurangi kemungkinan bakteri berkembang.

7. Makan makanan tidak sehat

Pola makan tidak sehat, tidak hanya merusak kesehatan mata tetapi juga mengganggu jantung sehat dan otak. Maka disarankan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang baik untuk sehatnya mata seperti yang tinggi mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, send, dan asam lemak omega-3.

8. Terlalu lama di depan layar pada malam hari

Menatap gawai dan layar komputer menyala dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan mata lelah, pandangan kabur, mata kering, pusing, sakit kepala, gangguan tidur, hingga mual. Jika Anda membaca layar sebelum tidur, lebih baik menggunakan lampu yang memadai. Hindari dengan cahaya redup.

9. Tidur menggunakan softlens

Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko infeksi yang menyebabkan kerusakan mata permanen. Jika Anda tidak sengaja tertidur dengan softlens, bersihkan segera dan hubungi dokter mata jika terasa sakit atau mata memerah.

Itulah sembilan kebiasaan yang perlu Anda hindari supaya mata tetap sehat, tidak perih, dan indera penglihatan bekerja dengan baik.