8 Cara Menikmati Makanan Sehat dari Alpukat
Ilustrasi cara makan alpukat yang sehat (Unsplash/Karolin Baitinger)

Bagikan:

JAKARTA – Alpukat menurut sejumlah penelitian dikatakan sebagai makanan sehat. Lemak nabati, protein, dan serat bisa membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kulit tetap lembap, dan mengendalikan berat badan.

Apabila Anda bosan mengonsumsi alpukat dengan dilumatkan menjadi jus atau dimakan sebagai buah tanpa diolah, berikut referensi cara menikmati alpukat dengan lebih bervariasi.

1. Menaburkan bumbu

Cara cepat untuk membumbui alpukat adalah dengan memotongnya menjadi kotak-kotak dan menyiram sedikit minyak zaitun, cuka balsamic, merica, dan garam. Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon serta bubuk paprika atau cabai rawit.

2. Alpukat telur panggang

Menu sarapan paling sederhana namun nikmat, Anda bisa memanggang alpukat. Isi setengah buah alpuka dengan satu telur dan panggang selama 15-20 menit pada suhu 220 derajat Celsius atau sampai telur mengeras sepenuhnya.

Untuk menambahkan isian, Anda bisa mencampurkan daging cincang yang dimasak dengan bumbu segar seperti peterseli, cabai rawit, sedikit garam, dan merica.

cara makan alpukat yang sehat
Ilustrasi cara makan alpukat yang sehat (iStockphoto)

3. Guacamole

Guacamole merupakan salah satu hidangan Meksiko yang terkenal. Anda bisa membuatnya hanya dengan alpukat, rempah bumbu, dan mengkombinasikannya dengan jagung, nanas, brokoli, dan quinoa.

4. Salad

Supaya kenyang lebih lama, Anda bisa menambahkan alpukat dalam sepiring salad. Karena salad rendah kalori, menambahkan alpukat bisa membuatnya menjadi makanan lebih mengenyangkan.

5. Sushi

Dalam masakan Jepang, sushi memakai banyak bahan termasuk alpukat. Biasanya digunakan menggunakan nasi, rumput laut, dan ikan. Alpukat juga bisa ditambahkan dalam gulungan nasi untuk menciptakan rasa lembut di mulut.

6. Hummus

Hummus biasanya memakai buncis, minyak zaitun, dan tahini. Dilansir Healthline, Selasa, 15 Maret, buncis merupakan sumber protein dans erat yang baik. Sedangkan tahini serta minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Jika menambahkan alpukat dalam campuran hummus, maka kandungan lemak sehat dan serat akan meningkat.

7. Pancake

Pancake yang biasanya berbahan tepung dengan karbohidrat sederhana, bisa diganti dengan alpukat. Alpukat mengandung sehat sehingga karbohidratnya bersifat kompleks. Pancake berbahan alpukat berwarna hijau menarik dengan tekstur yang kental. Anda juga bisa menambahkan buah beri sebagai toping untuk meningkatkan nutrisi pancake.

8. Orak-arik telur alpukat

Hidangan biasa bisa diberi sentuhan alpukat, seperti dalam orak-arik telur. Anda hanya perlu menambahkan alpukat yang dipotong dadu dan masak di wajan. Pastikan memasukkan alpukat saat telur setengah matang supaya buah penuh nutrisi ini tidak gosong.

Tertarik untuk membuat menu Anda lebih bervariasi terutama dengan mencampurkan alpukat? Catat menu di atas dan hidangan Anda akan lebih berwarna.