4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Charger Handphone, Stop dari Sekarang!
Ilustrasi charger ponsel (Foto: Pixabay/SAIYEDIRFANANWARHUSHEN)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak kebiasaan yang dapat merusak charger handphone, namun sering tidak disadari. Salah satunya adalah kebiasaan menggulung kabel charger ponsel dengan sembarangan, di mana hal tersebut dapat membuat komponen serat tembaga yang ada di dalam kabel charger menjadi rusak.

Bila sudah rusak, mau tidak mau Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli charger baru yang original.

Memang di pasaran banyak tersedia charger HP KW atau charger HP palsu. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan, sebab berisiko merusak ponsel Anda.

Selain bisa merusak HP, charger KW juga lebih cepat rusak, karena komponen yang digunakan rata-rata memiliki kualitas yang kurang baik.

Kembali lagi ke topik kebiasaan yang dapat merusak charger handphone. Sebagus apapun charger HP yang Anda miliki, bila Anda menggunakannya secara asal-asalan maka potensi charger HP cepat rusak akan semakin tinggi. Lantas, apa saja kebiasaan yang dapat membuat charger handphone cepat rusak? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Charger Hanphone

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat kebiasaan yang dapat merusak charger hanphone.

  1. Menggulung kabel charger asal-asalan

Telah disinggung di atas bahwa kebiasaan menggulung kabel charger secara asal-asalan bisa menjadi penyebab charger hanphone cepat rusak. Kebiasaan ini dapat merusak komponen tembaga yang ada di dalam kabel charger.

Menggulung kabel charger tidak sama dengan menggulung tali raffia. Agar komponen serat tembaga di dalam kaber charger tidak rusak, Anda harus menggulung kabel dengan perlahan mengikuti bekas lekukan dari kabel tersebut. Ikuti saja alur dari lekukan yang sudah membekas di kabel, maka kabel charger akan lebih awet.

  1. Menarik kabel untuk mencabut charger dari stop kontak

Tak sedikit orang yang mencabut charger dari stop kontak dengan menarik bagian kabelnya. Kebiasaan ini biasanya dilakukan ketika seseorang sedang terburu-buru.

Perlu diketahui, kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebab charger HP cepat rusak. Pasalnya, ketika bagian kabel charger ditarik dari stop kontak, biasanya akan membutuhkan usaha yang cukup besar dan hal tersebut akan membuat kabel semakin keras untuk ditarik.

Bila kebiasaan yang dapat merusak kabel handphone ini sering dilakukan, maka serat tembaga yang ada di dalam kabel dapat terputus.

  1. Tidak memperhatikan sumber listrik ketika mengisi daya

Saat daya baterai ponsel hampor habis, biasanya seseorang akan mencari lokasi colokan atau stop kontak yang dialiri listrik. Bahkan, tak sedikit yang tidak menghiraukan kondisi dari stop kontak dan aliran listrik tersebut.

Nah, kebiasaan ini ternyata bisa membuat charger HP cepat rusak. Pasalnya, kondisi listrik mungkin saja kurang stabil dan membuat komponen charger bekerja lebih keras.

Selain itu, aktivitas ini juga menimbulkan peningkatan suhu terutama pada bagian kepala charger. Selain merusak charger, aliran listrik yang tidak stabil juga menjadi malapateka bagi ponsel Anda.

  1. Meletakkan kabel sembarangan

Kebiasaan meletakkan charger dengan sembarangan juga bisa merusak kabel handphone. Seringkali seseorang menyimpan charger di dalam tas dan ditumpuk dengan barang-barang lainnya. Padahal hal ini bisa membuat karber charger terhimpit dan berisiko merusak komponen dalam kabel charger.

Demikian informasi tentang kebiasaan yang dapat merusak charger hanphone. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.

Terkait