Bagikan:

YOGYAKARTA – Mungkin Anda pernah bertanya kenapa kulit kaki mengelupas hingga mengganggu penampilan dan kecantikan kaki? Ternyata penyebabnya bisa dipicu oleh berbagai faktor. Untuk mengatasinya, Anda harus tahu lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Kenapa Kulit Kaki Mengelupas?

Seperti yang diketahui, kaki jadi salah satu bagian tubuh yang penting. Tidak hanya berfungsi sebagai penopang tubuh, namun sebagai sarana mobilitas Anda. Oleh karenanya, perhatikan kesehatan kaki agar penampilan tetap terjaga.

Intensitas gesekan pada kaki ternyata lebih sering dibanding dengan bagian tubuh lain. Gesekan tersebut timbul saat berjalan. Selain itu, telapak kaki juga kerap kering karena efek dehidrasi atau aktivitas yang terlalu keras. Adapun penyebab kulit kaki mengelupas adalah sebagai berikut.

  1. Kurang Cairan

Seperti telah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab kulit kaki mengelupas adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Hal itu tidak hanya akan membuat kaki kering, namun memicu kerusakan pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda disarankan menjaga cairan tubuh dengan minum air putih cukup.

  1. Jamur

Kaki kerap bersinggungan langsung dengan lantai dan tanah. Jika kebersihan kaki tak dijaga akan memicu timbulnya infeksi jamur. Kaki akan terasa gatal dan kulitnya mengelupas. Untuk mencegah terjadinya jamur, jaga kebersihan kaki. Anda bisa menggunakan salep jika kaki terlanjur terserang jamur.

  1. Alas Kaki yang Tak Tepat

Kulit kaki bisa mengelupas karena alas kaki yang digunakan kurang tepat seperti ukuran yang terlalu sempit atau kelembapan yang tinggi saat memakai sepatu dalam jangka waktu lama. Oleh karenanya perhatian alas kaki yang Anda gunakan.

  1. Pergantian Kulit

Kaki juga bisa ganti kulit. Fenomena ini wajar terjadi sehingga Anda tak perlu panik. Cukup oleskan minyak zaitun dan lakukan pemijatan lembut pada kaki Anda. Lakukan langkah tersebut secara teratur hingga proses ganti kulit selesai.

  1. Suhu Tinggi

Kulit kaki bisa rusak saat berada di suhu tinggi. Misalnya, Anda berjalan di aspal pada siang hari tanpa mengenakan alas kaki. Tidak hanya menimbulkan kulit terkelupas, suhu tinggi akan membuat kaki Anda luka.

  1. Dermatitis Kontak

Dematitis kontak adalah saat kaki bersinggungan langsung dengan zat tertentu seperti detergen. Kulit kaki bisa mengelupas saat Anda mencuci pakaian. Oleh karenanya, jangan sembarangan menggunakan detergen.

  1. Aktivitas yang Terlalu Ekstrem

Disadari atau tidak, saat Anda beraktivitas berat akan berpengaruh pada kerusakan kulit kaki. Aktivitas berat seperti hiking tanpa sepatu, atau bermain di tepi pantai berkarang terlalu lama juga akan meningkatkan risiko mengelupasnya kulit kaki. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk mengantisipasi setiap aktivitas.

  1. Tak Kenakan Kaos Kaki

Jangan anggap remeh manfaat kaos kaki. Selain sebagai penunjang fashion, kaos kaki berguna untuk melindungi kaki dari gesekan kulit dan sepatu. Selain itu membantu menjaga kelembapan kaki. Pilih kaos kaki berbahan katun agar penyerapan keringat lebih maksimal.

  1. Perawatan yang Keliru

Merawat kaki dengan cara yang salah juga berpotensi membuat kulit rusak. Misalnya, Anda ingin memutihkan kaki dengan skincare tertentu. Alih-alih meningkatkan kecantikan kaki, kulit justru mengelupas dan merusak penampilan.

Cara Mengobati Kulit Kaki Mengelupas

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami pengelupasan kulit kaki. Untuk mengetahuinya, Anda harus tahu penyebabnya lebih dulu. Namun secara umum, Anda bisa mulai dengan rajin minum air putih agar cairan tubuh tetap seimbang.

Selain itu gunakan krim pelembap yang mengandung dimethicone untuk mengurangi gejala kulit kering.

Untuk kaki yang berjamur, pilihlah saleb anti jamur. Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter kulit kepercayaan Anda untuk menanyakan kenapa kulit kaki mengelupas. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.