Topik yang Sebaiknya Tidak Dibicarakan dengan Teman Kantor
Ilustrasi Rekan Kerja (Tirachard Kumtan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda mungkin bisa mengutarakan apapun saat berbicara dengan teman atau sahabat. Tapi, dengan teman kerja tetap saja Anda harus berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu, terutama yang menyangkut hal pribadi. 

Menurut psikolog Wesmira Parastuti Mia M.Psi dari Wesmira Psychological Service & Consultation, seperti dilansir dari laman Cleo, kapan topik itu dibicarakan dan cara menyampaikan dapat memengaruhi kinerja keseharian. “Misalnya, teman cerita bahwa ia berselingkuh, dan Anda merasa sebal karena ia sudah mengkhianati pacarnya, setelah itu Anda mungkin jadi enggan bekerja sama dengannya,” jelas Mia. 

Agar suasana kerja di kantor tetap kondusif dan tidak terbawa hal-hal bersifat privasi, ini dia topik sensitif yang sebaiknya tidak Anda ceritakan dengan teman kantor.

Kehidupan Seks

Jangan pernah membahas detail tentang kehidupan seks Anda. Anda pasti sudah tahu kalau tidak sembarang orang bisa diajak untuk membicarakan seks. Sama sekali tidak ada alasan bagi siapa pun untuk mengetahui apa yang terjadi antara Anda dan pasangan. 

Topik ini bisa membuat rekan kerja merasa tidak nyaman di sekitar Anda. Jika seseorang merasa terintimidasi atau berpikir Anda telah menciptakan lingkungan kerja yang ofensif, ia mungkin memiliki alasan untuk mengajukan keluhan pelecehan seksual. 

Gosip

Patut diingat bahwa orang bisa berubah. Orang bisa saja berjanji akan mengunci mulutnya, tapi malah membeberkan informasi yang Anda ceritakan. Untuk itu, simpan semua gosip maupun pikiran negatif tentang lingkungan kerja untuk diri sendiri. 

Lagipula, kalaupun orang tersebut bisa dipercaya, Anda mungkin mendapatkan kesan buruk di mata rekan kerja jika Anda rajin membicarakan orang di belakang. Rekan kerja akan berpikir bahwa bisa jadi Anda melakukan hal yang sama terhadapnya di luar sana.

Rasa Stres

Kenali seseorang dari caranya mengatasi masalah. Jika emosinya meluap, bisa jadi orang ini temperamental. Maka dari itu, kendalikan emosi Anda di hadapan rekan kerja. Sikap galak tanpa alasan yang jelas belum tentu bisa menyelesaikan masalah dan malah membuat situasi kerja makin tidak nyaman.

Kesalahan yang Anda Lakukan

Jika Anda merasa terdesak ingin menceritakan tentang kesalahan yang Anda lakukan, sebaiknya tahan dulu. Anda masih berada di lingkungan kerja yang penuh kompetitif.

Orang-orang di dunia kerja bisa tampak manis di luar, namun sebenarnya punya motif tersembunyi. Informasi kesalahan yang Anda bocorkan dapat menjadi bumerang buat Anda di kemudian hari.