Meminimalisir Kesalahpahaman Bicara Keuangan bersama Pasangan
Ilustrasi (Olivia Danilevich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ada sebuah pepatah mengatakan, uang merupakan sumber masalah. Uang bisa menyebabkan persahabatan berakhir, menyebabkan permusuhan antar saudara, hingga retaknya hubungan asmara. 

Berbagai alasan ini mungkin membuat Anda enggan memulai pembicaraan mengenai keuangan dengan pasangan sebab takut menimbulkan pertengkaran.  Padahal, ada cara mudah dalam menciptakan suasana tepat ketika harus memulai pembicaraan tentang keuangan bersama pasangan.

Pilih waktu yang tepat

Jika ingin membahas topik sensitif, alangkah baiknya pilih waktu yang tepat agar suasana saat mengobrol jadi menyenangkan.

Menurut Stephany Kirkpatrick, LearnVest Director of Financial Planning menyarankan untuk memilih akhir pekan jika ingin membahas tentang uang. 

Dengan memilih weekend, Anda dan pasangan akan merasa lebih tenang sebab tidak dipusingkan dengan masalah pekerjaan dan bisa berbicara panjang lebar tanpa bersitegang.

Mulai dengan topik ringan

Membuka percakapan perihal keuangan memang tidak mudah. Agar lebih rileks, Anda bisa buka topik obrolan ringan mengenai teman yang mulai tabungan emas lalu minta pendapat pasangan, misalnya. 

Selain kesannya santai, Anda secara tidak langsung juga meminta pendapat pasangan perihal keuangan. Ia bakal tersanjung karena tahu opininya juga diperlukan.

Hindari perasaan marah

Jangan pernah membahas keuangan dalam keadaan marah. Masalah Anda tidak bakal selesai dengan bertengkar atau berteriak. Jika tagihan bulan ini membuat Anda kesal karena jumlahnya melampaui batas, ada baiknya menunggu amarah reda sebelum mulai bicara dengan pasangan.

Jadwalkan secara rutin

Membuat diskusi terbuka tentang uang secara rutin akan membuat Anda dan pasangan terbiasa membicarakan masalah uang. Tidak ada lagi rasa canggung dan masalah keuangan pun bisa diselesaikan dengan cepat.

Jujur

Diam-diam memiliki tabungan khusus untuk membeli sepatu dan tas mahal? atau dana spesial untuk membeli gadget keluaran terbaru? Sebisa mungkin, ceritakan pada pasangan. Dengan cara ini, ia tidak bakal heran dan curiga mengapa Anda bisa membeli tas baru setiap bulannya.