Enggak Punya Waktu untuk Olahraga? Begini Resep Tetap Sehat dan Panjang Umur
Ilustrasi pasangan sehat dan panjang umur (Freepik/drobotdean)

Bagikan:

JAKARTA – Disebabkan kesibukan, waktu untuk berolahraga jadi terbatas. Artinya tidak setiap hari sempat olahraga, baik olahraga ringan seperti jalan kaki setiap pagi atau jenis olahraga level tertentu misalnya gym, jogging dan bersepeda.

Ada kok resep panjang umur meski memiliki waktu sedikit untuk olahraga olahraga, mau coba? Begini resepnya.

Makan-makanan yang mengandung protein

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, protein nabati bisa menurunkan risiko serangan jantung. Dengan asupan protein tinggi, risiko kematian 6 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi makanan mengandung protein nabati.

Bagi yang ingin tetap sehat dan berumur panjang, direkomendasikan mengganti konsumsi keju atau sepotong roti dengan kacang-kacangan dan buncis. Kacang-kacangan antara lain kenari, pistachio dan almond.

Makan sayur

Sayuran yang mengandung protein seperti kacang-kacangan dan sayuran lain yang meningkatkan daya tahan tubuh dapat menurunkan risiko terserang penyakit. Meski tetap dibutuhkan mengkonsumsi protein hewani, baiknya porsi konsumsi sayuran lebih banyak.

Aktif bergerak

Yang meningkatkan harapan hidup adalah menggerakkan tubuh. Apabila tak sempat berolahraga, usahakan tetap aktif bergerak ketika bekerja maupun melakukan kegiatan sehari-hari lainnya.

Misalnya luangkan waktu ketika jam istirahat untuk berjalan sekitar kantor dengan jalan cepat selama beberapa menit. Meski tidak punya jadwal olahraga, umur bisa lebih panjang jika tubuh tetap aktif bergerak.

Minum teh hijau

Resep panjang umur ini merupakan kebiasaan sehari-hari orang Jepang. Mereka minum teh hijau yang mengandung tinggi oksidan polifenol dan bisa menurunkan risiko kerusakan sel. Selain itu, teh hijau juga bisa menyeimbangkan sistem pencernaan.

Jika ingin minum teh hijau secara rutin, hindari menambahkan pemanis buatan atau gula. Pilih pemanis alami dari jagung atau tanpa tambahan rasa manis sama sekali. Atau Anda bisa membubuhkan bubuk teh hijau pada jus buah maupun sayuran.

Mendekatkan diri dengan alam

Berlibur di alam ada manfaatnya, yaitu bisa memperpanjang umur. Ini juga merupakan kebiasaan orang Jepang. Mereka menyebutnya dengan shinrin-yoku. Artinya, menikmati suasana hutan atau situasi menyegarkan lainnya di alam terbuka.

Teknik berjalan-jalan di alam bebas dan menikmati lanskap hijau atau disebut shinrin-yoku seperti meditasi berjalan. Praktik ini dapat menenangkan diri ketika menikmati angin dan menghirup udara segar.

Selain memperpanjang usia dan menyehatkan jasmani, kelima resep diatas juga membuat mental lebih sehat, Anda ingin mencobanya?