Bagikan:

YOGYAKARTA – Hubungan berpasangan yang sehat, perlu dibangun selangkah demi selangkah. Itu berarti, jika Anda ingin membangun hubungan yang harmonis dan bisa menyelesaikan konflik secara sehat, penting untuk menjalani aktivitas bersama pasangan berikut ini.

1. Meluangkan waktu bebas screen-time

Memegang gawai untuk mengakses berbagai layer dunia digital, bisa menghabiskan seperempat bagian waktu dalam sehari. Penting disadari, Anda dan pasangan perlu meluangkan waktu bebas screen-time untuk saling menatap, mendengarkan cerita, hingga beri perhatian dan cinta.

2. Terkoneksi satu sama lain

Tak sedikit orang yang memiliki pasangan mengeluh merasa kesepian meski duduk bersama pasangannya. Ini menandai satu sama lain tidak terkoneks. Terkoneksi dengan pasangan bisa memperkuat kehangatan dalam hubungan tersebut. Seperti hadir secara fisik dalam aktivitas relasional di rumah. Misalnya berbicara, memasak, melipat cucian. Pada prinsipnya, aktivitas relasional ini membangun rasa aman satu sama lain dan memungkinkan  hadirnya rasa gembira serta rileks.

aktivitas bersama pasangan untuk membangun hubungan sehat
Ilustrasi aktivitas bersama pasangan untuk membangun hubungan sehat (Freepik)

3. Membangun keintiman emosional

Keintiman tidak melulu harus dibangun dengan berbicara atau kontak fisik. Tetapi duduk tenang berdampingan dalam keheningan, misalnya dalam doa, juga termasuk salah sati aktivitas membangun keintiman emosional. Pada saat duduk dalam keheningan berdua, penting untuk tetap fokus pada sensasi, gambaran, perasaan, dan pikiran.

4. Mendapatkan cukup tidur

Sekilas terlihat tidak berhubungan, tetapi pernahkah Anda merasa kesal dengan perilaku pasangan yang sebenarnya karena Anda kurang tidur atau kelelahan? Untuk itu, aktivitas mendapatkan cukup tidur juga penting dalam membangun hubungan yang sehat bersama pasangan. Tidur penting dalam memulihkan diri. Apalagi bisa tidur di samping pasangan, tentu akan menenangkan dan menggembirakan.

5. Bermain bersama pasangan

Menetapkan daftar tugas harian membantu menciptakan keseimbangan yang sehat. Selain tugas domestik, mencukupi kebutuhan makan dan minum, kebersihan rumah atau lainnya, penting juga bermain bersama pasangan. Tidak harus bermain ke luar rumah. Tetapi memiliki permainan yang dimainkan berdua, membantu membangun koneksi di otak dan terhubung satu sama lain.

6. Olahraga bersama

Meskipun Anda dan pasangan punya waktu bekerja yang berbeda, penting untuk tetap meluangkan waktu berdua. Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran bersama, yaitu olahraga. Anda bisa berdansa penuh tawa atau berolahraga di gym bersama. Aktivitas fisik harian, dilansir YourTango, Jumat, 6 September, adalah resep untuk kesehatan fisik, mental, emosional dan relasional.

7. Meluangkan waktu bersantai

Tidak melakukan apapun, hanya menonton televisi bersama pasangan pun, bisa jadi cara untuk bersantai. Bersantai terkadang diperlukan untuk tetap rileks. Momen ini kita tidak fokus pada tujuan tertentu, hanya untuk relaksasi. Namun maknanya, kita meluangkan waktu mengisi ulang energi, yang dilakukan bersama pasangan.

Tujuh aktivitas bersama pasangan di atas, bertujuan menciptakan pikiran yang sehat. Selain itu juga membantu otak tetap bekerja dengan baik. Menurut David Rock dan Daniel Siegel, penggagas model The Healthy Mind Platter dan Interpersonal Neurobiology, terintegrasi satu sama lain berkaitan dengan bagaimana kita terhubung dengan pasangan, keluarga, komunitas. Aktivitas sehat bersama pasangan di atas, merupakan nutrisi otak dan hubungan agar berfungsi dengan baik.