Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghormati privasi bukan berarti harus bertukar kata sandi gawai dalam hubungan berpasangan. Sebab ternyata ada batasan privasi dan kerahasiaan dalam hubungan berpasangan, kepercayaan yang harus selalu dibangun, serta tingkat komitmen.

Penelitian menunjukkan 67 persen orang dalam hubungan berkomitmen telah berbagi kata sandi akun daring dengan pasangannya. Sejumlah 11 persen pasangan memiliki profil media sosial bersama dan 27 persen pasangan berbagi akun email. Data dari Malwarebytes dilansir Psychology Today, Rabu, 17 Juli ini, juga menunjukkan bahwa setengah dari pasangan berbagi lokasi mereka dengan pasangannya sebagai sarana untuk saling memberi tahu lokasi masing-masing. Apa efeknya kaburnya batasan privasi ini dalam hubungan berpasangan?

apakah baik bertukar kata sandi gawai dalam hubungan berpasangan
Ilustrasi apakah baik bertukar kata sandi gawai dalam hubungan berpasangan (Freepik)

Pasangan yang bertukar kata sandi dengan pasangannya ini, mungkin menunjung prinsip keterbukaan. Tetapi perlu diingat, menurut psikoterapis April Eldemire, LMFT., dalam hubungan dewasa yang saling menghormati tidak harus membuktikan kepercayaan dengan membagikan setiap kata sandi dalam akun digital.

Penyebab berbagi satu atau dua kata sandi akun sosial media, misalnya, bisa karena berkurangnya rasa percaya. Meskipun sesungguhnya, hal ini tidak sehat untuk hubungan apa pun, dan dapat dengan cepat mengarah pada situasi yang merusak.

Bertukar kata sandi, sebenarnya bukanlah hak setiap orang yang berpasangan. Terutama untuk tujuan memantau setiap gerakan pasangannya. Pasangan yang bersikeras bahwa mereka harus mengetahui segalanya mungkin bertukar password sebagai bentuk kontrol yang dapat berasal dari rasa tidak aman mereka. Seseorang yang tunduk pada permintaan ini, tidak memiliki ruang berpikir sendiri, privasi, dan aspek kehidupan personal.

Nah, batas antara privasi dan hubungan berpasangan, penting sekali dipahami. Jika Anda tidak merahasiakan atau menyembunyikan sesuatu yang dapat membahayakan pasangan Anda, seharusnya tak menjadi masalah saling bertukar kata sandi. Namun sebaliknya, jika menyimpan sesuatu yang mengkhawatirkan pasangan Anda, mungkin akan merasa tidak aman jika harus berbagi kata sandi.

Menurut Eldemire, menyimpan rahasia dari pasangan bisa merusak stabilitas kemitraan. Itu artinya akuntabilitas pribadi adalah hal terpenting. Maka cermatilah dengan saksama tentang apa yang Anda anggap privasi dan perlu Anda rahasiakan dari pasangan tetapi tidak mengguncang stabilitas kemitraan.

Saran Eldemire untuk menavigasi konflik seputar etika privasi dan bertukar kata sandi, bicaralah secara terbuka dengan pasangan Anda tentang beberapa hal. Termasuk pandangan mengenai gawai dan privasi, batasan, dan harapan. Hormati perasaan satu sama lain serta jangan pernah menetapkan “kepercayaan” harus dibuktikan dengan membahayakan privasi seseorang.