5 Indikator Kepercayaan pada Pasangan yang Menandai Hubungan Sehat
Ilustrasi kepercayaan dalam hubungan yang sehat (Unsplash/Edward Cisneros)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hubungan yang sehat itu menyenangkan. Tetapi membangun ikatan yang aman dan saling percaya, membutuhkan upaya. Apalagi jika Anda pernah disakiti sebelumnya, mungkin lebih sulit untuk sepenuhnya percaya pada pasangan. Untuk mengetahui indikator kepercayaan pada pasangan, berikut penjelasan Michal Regier, Ph.D., psikolog klinis, terapis, dan supervisor hubungan berpasangan.

1. Transparan

Kalau Anda bisa terbuka, jujur, dan transparan pada pasangan, artinya kepercayaan terbangun dengan baik dalam hubungan. Setidaknya, setiap orang membutuhkan orang yang ia percaya sehingga bisa mengungkapkan kebenaran. Anda juga dapat bertukar kebenaran tentang yang baik, yang buruk, dan semua hal tentang siapa Anda berdua dengan pasangan.

2. Timbal balik

Setiap hubungan yang memiliki kepercayaan tinggi, harus memiliki kemampuan untuk tanggap satu sama lain. Misalnya dengan berbagi perasaaan, atau berbagi kerapuhan, Anda mempercayakan pada pasangan untuk diajak berbagi tanpa filter. Ini berbeda ketika Anda bercerita dengan orang lain yang perlu membangun batas-batas tertentu. Meski bersama pasangan juga memiliki batas, tetapi Anda tidak takut untuk dihakimi ketika berbagi perasaan pada pasangan.

kepercayaan dalam hubungan yang sehat
Ilustrasi kepercayaan dalam hubungan yang sehat (Unsplash/ Vince Fleming)

3. Pengertian

Dalam hubungan Anda yang paling terpercaya, Anda perlu mendengar orang lain merespons Anda. Termasuk bagaimana pasangan Anda memberikan pengertian penuh kasih. Tetapi ketika Anda merasa tidak dimengerti, Anda akan menutup diri dan berhenti untuk berbagi. Nah, kalau Anda merasa diperhatikan dan dimengerti oleh pasangan, tandanya Anda memercayai pasangan semenuhnya.

4. Merasa aman

Hubungan yang dapat dipercaya, aman. Mereka yang melindungi rahasia terdalam, maka membuat Anda merasa aman serta percaya pada mereka. Dalam hubungan berpasangan, kepercayaan ditandai dengan memiliki relasi emosional dan fisik yang intim.

5. Menghargai dan mengelola waktu

Manajemen waktu adalah ukuran kepercayaan, d menurut Regier dilansir Your Tango, Senin, 21 November. Jika Anda hanya memiliki jumlah jam yang terbatas dalam hidup, orang yang dapat Anda percaya akan menghargai dan mengelola waktu yang dipunyai. Mereka juga mengatur waktu mereka dengan baik, baik dalam kehidupan pribadi, pekerjaan, hingga menghabiskan waktu berkualitas bersama Anda.

Itulah kelima indikator atau tanda bahwa Anda memercayai pasangan sepenuhnya. Kelima poin di atas juga menggambarkan bagaimana Anda dan pasangan memiliki hubungan yang sehat.