Menggenapkan Cinta, Ini 10 Tanda Pernikahan yang Sehat
Ilustrasi pernikahan yang sehat (Unsplash/Esther Ann)

Bagikan:

JAKARTA – Bisa jadi cinta saja tidak cukup dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Dalam lika-liku persoalan kehidupan, setiap pasangan seenggaknya perlu merasa dicintai dan aman.

Pernikahan yang sehat bisa dimaknai dengan banyak hal. Mulai dari pernikahan yang bahagia, tak tumbang saat melalui badai, hingga bersama menghadapi konflik secara dewasa. Termasuk memiliki aspek mendasar seperti 10 hal berikut ini.

1. Saling menghormati

Cara memperlakukan pasangan satu sama lain merupakan salah satu praktik dari rasa hormat. Misalnya menghargai kebutuhan, perasaan, dan pendapat mereka. Penting juga setiap pasangan menghormati batasan dan saling mendukung satu sama lain.

2. Menghabiskan waktu bersama

Memiliki prioritas adalah tanda pernikahan yang sehat. Ketika Anda atau pasangan punya waktu luang akan dihabiskan bersama. Waktu yang dihabiskan berdua, dilansir Marriage, Kamis, 28 Oktober, mengikat Anda, membangun harga diri, dan membawa hubungan pernikahan lebih mesra.

3. Komunikasi terbuka

Komunikasi merupakan aspek penting dalam hubungan. Dengan komunikasi, Anda dan pasangan bisa saling mengenal, memahami, dan berjalan bersama beriringan melalui segala cobaan. Komunikasi tak hanya terjalin dalam situasi serius, tetapi juga membicarakan hal konyol, kelucuan, kenangan, ketidaksepakatan, bahkan tujuan berdua.

4. Cocok dalam aspek seksual

Kompatibilitas seksual atau memiliki kecocokan dalam aspek seksual menandai hubungan perkawinan yang sehat. Karena seksualitas secara inheren bisa jadi masalah besar bagi sebagian besar hubungan, maka memiliki chemistry di dalam atau di luar ranjang sangat diperlukan.

5. Saling memberi dukungan

Pasangan yang saling mendukung menunjukkan bahwa mereka percaya diri dalam hubungan. Mereka juga memberikan kebebasan pada pasangan untuk menjadi diri mereka sendiri dan mengejar impian. Dalam masa-masa sulit, memberi dukungan sangat penting.

6. Kepercayaan

Kepercayaan sulit untuk didapatkan, tetapi bila terkikis akan lebih sulit membangunnya kembali. Artinya pasangan yang bisa menjaga rahasia, selalu jujur, bisa diandalkan, dan tidak pernah mengkhianati Anda maka layak disebut sebagai hubungan yang sehat.

7. Yakin dengan hubungan yang terjalin

Sama seperti kepercayaan, keyakinan dibangun tidak secara instan. Kedua belah pihak harus jelas dengan perasaan masing-masing sehingga membuat hubungan merasa aman, terpenuhi, dan memperkuat ikatan.

8. Saling menyukai

Apakah menikah butuh cinta? Tentu, tetapi banyak pasangan yang saling mencintai tidak saling menyukai. Yang membedakan suka dan cinta adalah kualitas kepribadian. Apabila Anda dan pasangan bisa membuat tersenyum dengan hal sederhana yang dilakukan bersama, maka ini merupakan karakteristik hubungan yang sehat.

9. Kejujuran

Hal yang paling sulit dimengerti pun perlu diketahui setiap pasangan, misalnya tujuan hidup, rasa bosan, ketidakpuasan seksual, hingga lintasan pikiran buruk yang membahayakan hubungan. Untuk mengungkapkannya dibutuhkan kejujuran yang konsisten agar pasangan lebih terikat secara emosional dan tidak satupun perlu khawatir tentang pelanggaran garis kepercayaan.

10. Mempertahankan individualitas

Jika Anda menyukai pasangan sehingga benar-benar ingin melakukan segalanya dengan mereka, itu bagus. Sama pentingnya bagi Anda untuk mempertahankan individualitas dalam satu hubungan. Tanda pernikahan yang sehat selain memelihara hubungan dengan keluarga dan teman, mereka juga mengejar hobi bahkan mimpi-mimpi personal.