Agar Tidak Terjebak <i>Toxic Relationship</i>, Perhatikan Red Flag dalam Hubungan Asmara
Ilustrasi (Kampus Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat memulai hubungan dengan seseorang, adakalanya romansa dan kegembiraan kala jatuh cinta sanggup membutakan Anda. Tak heran jika dalam kondisi ini, kebanyakan orang lupa menyadari tanda-tanda red flag hubungan mereka.

Red flag adalah perilaku seseorang yang bisa menjadi tanda bahwa Anda menjalin hubungan yang tidak sehat atau toksik. Biasanya, tanda red flag dapat terlihat dan terdeteksi di awal hubungan. Namun beberapa dari Anda mungkin masih belum yakin apakah itu benar-benar red flag atau hanya perasaan sendiri saja.

Jika belum yakin, kenali terlebih dahulu karakter pasangan Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jika perilakunya berbahaya dan tidak menyenangkan, lebih baik Anda berhenti dan tidak memutuskan hubungan.

Sering berbohong

Terus-menerus memergoki kebohongan pasangan bukanlah hal yang baik. "Kita semua pernah berbohong. Namun, jika pasangan Anda secara konsisten melakukan kebohongan, itu adalah tanda bahaya," kata Samara Quintero, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di Choosing Therapy.

Ini bisa berupa kebohongan kecil, seperti tidak jujur tentang tujuan hidup mereka atau kebohongan besar, seperti tidak memberi tahu Anda berapa banyak utang yang mereka miliki.

Dibohongi berulang-ulang mempersulit Anda membangun fondasi kuat dalam hubungan atau menghancurkan apa yang telah Anda bangun.

Kritik menjatuhkan

Kritik memang diperlukan untuk membuat seseorang semakin berkembang. Akan tetapi, jika kritik tersebut membuat Anda menjadi down sampai kehilangan harga diri, ini sangat bahaya dan merupakan sinyal keras hubungan yang tidak sehat.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa pelecehan emosional sama berbahayanya dengan kekerasan fisik. Keduanya berkontribusi menyebabkan depresi.

Cenderung melarikan diri saat situasi sulit

Hubungan percintaan dapat berakhir dengan mudah jika Anda memilih pasangan yang tidak memiliki keterampilan emosional atau perilaku yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah. Sebagai contoh, ia memilih menjauh saat berargumen argumen tanpa mendengarkan Anda, atau mengabaikan Anda selama berhari-hari pada saat keadaan sedang sulit.

Hubungan yang sehat pun akan melalui masa sulit. Jadi ada baiknya pastikan memilih pasangan yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan Anda, alih-alih melarikan diri saat dirundung masalah.

Manipulatif

Tanda red flag dalam hubungan selanjutnya yaitu ketika pasangan bersikap manipulatif terhadap Anda. Manipulatif atau sering juga disebut gaslighting adalah sikap pelecehan emosional dalam hubungan yang membuat korban merasa ragu akan dirinya sendiri, sehingga pelaku dapat mengendalikan korban dengan mudah.