5 Langkah Kecil yang Bermanfaat Meningkatkan Hubungan dengan Pasangan
Ilustrasi langkah kecil bermanfaat meningkatkan hubungan dengan pasangan (Freepik/marymarkevich)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cinta, perhatian, dan rasa hormat merupakan landasan hubungan yang langgeng. Namun ternyata, kehangatan dan kebaikan banyak dirasakan pasangan pada awal hubungan saja yang memudar seiring waktu. Untuk hubungan langgeng yang senantiasa berkembang, setiap pasangan perlu saling memperlakukan dengan rasa hormat. Ini diimplementasikan dalam aspek komunikasi, perilaku, dan respons.

Faktor lain yang dapat berkontribusi pada cara kita memperlakukan pasangan adalah temperamen bawaan. Psikoterapis, penulis, dan pengajar, Andrea Wachter, LMFT., menyebutnya ‘diturunkan’ secara alami. Beberapa orang mungkin berhati ringan, beberapa cenderung serius. Lainnya mungkin lebih tebal pada rasa cemas dan ada pula terkungkung dalam kesedihan.

Selain itu, sensitivitas juga memengaruhi perilaku. Tetapi di luar temperamen bawaan tersebut, selama berkomitmen untuk mengembangkan rasa hormat, maka hubungan dengan pasangan tampaknya akan penuh kasih, aman, intim, dan ramah. Berikut, langkah kecil yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pasangan.

langkah kecil bermanfaat meningkatkan hubungan dengan pasangan
Ilustrasi langkah kecil bermanfaat meningkatkan hubungan dengan pasangan (Freepik/frimufilms)

1. Memelihara hubungan

Seperti halnya tanaman yang membutuhkan air dan makanan, begitu pula hubungan. Melansir Psychology Today, Minggu, 16 April, hubungan bisa cepat mengering kalau tidak dipelihara. Maka penting berupaya, misalnya, rutin kencan, merencanakan hal-hal menyenangkan yang dilakukan berdua dengan pasangan, dan beraktivitas bersama. Wachter menyarankan, setiap pasangan menulis daftar hal-hal yang mungkin ingin dilakukan bersama pasangannya. Kemudian saling bertukar daftar dan mendiskusikan untuk merealisasikannya.

2. Benar-benar hadir

Berhubungan lebih dari sekedar berada dalam satu atap. Meskipun ini adalah awal yang baik, membangun koneksi dan memastikan benar-benar hadir. Seperti menjalin kontak mata dan menunjukkan minat tulus pada pasangan Anda. Maka letakkan gawai pintar ketika berdua. Luangkan waktu berbincang tanpa terdistraksi media sosial.

langkah kecil bermanfaat meningkatkan hubungan dengan pasangan
Ilustrasi langkah kecil bermanfaat meningkatkan hubungan dengan pasangan (Freepik)

3. Seimbangkan persahabatan dan keintiman

Hubungan cinta adalah tentang menjadi teman baik dan menjadi intim. Banyak hubungan yang dimulai dengan percikan chemistry tetapi memudar seiring waktu tanpa persahabatan sebagai dasarnya. Ada pula pasangan yang bisa jadi sahabat tetapi kurang romantis. Maka perlu melakukan upaya rutin membina persahabatan dengan kebaikan dan permainan, serta mengobarkan api keintiman.

4. Meningkatkan toleransi dan penerimaan

Banyak orang mengumpulkan setumpuk kebencian tentang hal-hal kecil. Tumpukan ini kemudian menghalangi kesehatan fisik, khususnya mengganggu kesehatan jantung. Maka, dengan toleransi dan penerimaan bisa menghasilkan hubungan yang luar biasa. Artinya, mencoba untuk menerima atau meminta dengan hormat agar pasangan mencoba mengingat sesuatu, misalnya menjemur handuk basah atau menutup pasta gigi setelah memakainya.

5. Memberikan apa yang ingin Anda dapatkan

Kebanyakan orang ingin didengar, dipahami, diakui, dan diperhatikan. Sayangnya, banyak pasangan tak mendapatkan dua arah. Tetapi, bagaimana orang lain memperlakukan cenderung bagaimana kita memperlakukan mereka. Pesan Wachter, jika kita ingin hal-hal berubah dalam hubungan kita, peluang terbaik adalah memberikan apa yang ingin kita dapatkan. Misalnya, jika Anda ingin didengarkan cobalah menjadi pendengar yang baik.

Selain kelima langkah di atas, Wachter juga memberikan kunci dalam meningkatkan hubungan berpasangan. Yaitu dengan berasumsi kita semua melakukan yang terbaik, istirahat saat emosi sedang tinggi, dan tunjukkan rasa cinta Anda pada pasangan.