5 Alasan Kenapa Bercinta Penting Bagi Pasangan
Ilustrasi alasan kenapa pasangan bercinta (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aspek seksualitas cukup rumit, karena menyangkut setiap orang yang terpaut dalam hubungan. Ini menggambarkan bahwa setiap pasangan memiliki preferensi tergantung individunya. Bagi sebagian orang, seks sangat berarti tetapi bagi yang lain bisa enggak penting sama sekali.

Menurut terapis seks dan pasangan bersertifikat, Jessa Zimmerman, MA., ada pasangan bahagia dan sehat yang tidak berhubungan seks. Ini bukan masalah selama kedua orang yang berkomitmen benar-benar bahagia dan setuju dengan frekuensi bercinta. Di luar kesepakatan pasangan, penelitian menemukan hubungan antara kepuasan seksual dan kepuasan hubungan. Jadi penting bagi kedua belah pihak untuk merasa nyaman dengan kehidupan seks mereka dan mereka mengatasi masalah apa pun yang muncul. Berikut alasan kenapa bercinta bagi pasangan penting.

1. Membuat hubungan terasa hebat

Ketika seks bekerja dengan baik untuk pasangan, pasangan akan merasakan peningkatan kehebatan hubungan sebanyak 20 persen. Bagi pasangan yang merasakan ini, menganggap bahwa bercinta penting.

2. Memberi dan menerima kesenangan inderawi

Bagi pasangan yang harmonis, mereka berperan memberi dan menerima termasuk dalam aspek kesenangan inderawi. Seks adalah kesempatan untuk kesenangan inderawi dan bisa menjadi pengalaman yang sangat terhubung serta intim.

alasan kenapa pasangan bercinta
Ilustrasi alasan kenapa pasangan bercinta (Freepik/jcomp)

3. Menciptakan ruang bersama

Momen bercinta, merupakan kesempatan pasangan untuk menciptakan ruang bersama. Dengan begitu setiap orang yang berpasangan memprioritaskan waktu tersebut bersama pasangannya. Selain itu, bercinta juga merupakan sesuatu yang bisa dibagikan di antara berdua dan menjadikannya istimewa.

4. Bebas dari tekanan kehidupan sehari-hari

Ada pula aspek kreatif dan menyenangkan dalam seks, dilansir mbgrelationship, Rabu, 15 Februari. Aspek ini berperan sebagai hal penting bagi pasangan untuk terhubung dengan cara yang bebas dari tekanan hidup sehari-hari. Kata Zimmerman, ini adalah permainan orang dewasa, di mana pasangan bisa melepaskan tanggung jawab lain dalam hidup. Selain itu, seks juga bisa menjadi tempat di mana kitab isa menjadi otentik, jujur, dan terbuka.

5. Bermanfaat bagi fisik dan emosional

Menurut sejumlah pakar, ada banyak manfaat fisik dan emosional dari berhubungan seks dan orgasme. Di antaranya termasuk mengurangi tingkat stress, tidur lebih baik, pelepasan oksitosin, pelepasan domapin, mendukung otot dasar panggul yang lebih kuat, meningkatkan komitmen hubungan, dan meningkatkan kepuasan hubungan.

Itulah kelima alasan kenapa bercinta penting bagi pasangan. Di samping alasan di atas, Anda dan pasangan sangat mungkin menemukan aspek positif dari hubungan seksual yang sehat.