4 Alasan Kenapa Penting Memilih Posisi Bercinta yang Tepat untuk Capai Orgasme
Ilustrasi alasan kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak setiap pengalaman seksual dapat mencapai orgasme. Menurut penelitian di Amerika Serikat, 59 persen dari 1.000 wanita yang mengikuti penelitian mengatakan mereka mencapai orgasme kurang dari separuh waktu mereka melakukan hubungan seksual terutama ketika tak menambahkan rangsangan klitoris. Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa posisi bercinta serta tahapannya menentukan bagaimana pasangan bisa mencapai orgasme. Berikut, kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme.

1. Peluang orgasme tergantung rangsangan pada titik-titik sensitif tubuh

Banyak ulasan berdasarkan sains titik-titik sensitif tubuh, baik dimiliki pria dan wanita. Meskipun secara umum dijelaskan, tetapi titik sensual tubuh sangat bervariasi tergantung pula dengan preferensi. Semakin memberikan rangsangan kepada titik tersebut, maka peluang mencapai orgasme lebih besar.

alasan kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme
Ilustrasi alasan kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme (Freepik/pressfoto)

2. Intensitas rangsangan pada titik-titik sensitif tubuh

Untuk mendapatkan kepuasan dalam pengalaman bercinta, Anda dan pasangan perlu saling mengetahui titik sensitif tubuh. Aktivitas seksual yang melibatkan penetrasi, penting untuk merangsang klitoris. Pasalnya menurut penelitian, rangsangan pada klitoris meningkatkan kemungkinan orgasme bagi wanita.

Penelitian terbaru membuktikan bahwa posisi wanita di atas, posisi berhadap-hadapan, atau dikenal dengan cowgirl menawarkan lebih banyak rangsangan klitoris dan memungkinkan wanita mengontrol rangsangan sehingga lebih mudah mencapai orgasme. Melansir Psychology Today, Rabu, 24 Mei, posisi lain juga bisa dieksplorasi yang memungkinkan memberikan rangsangan lebih banyak pada klitoris. Posisi missionary paling sering dipakai sekitar 80 persen pasangan yang mengikuti penelitian.

3. Perlu komunikasi terbuka dalam menentukan posisi

Komunikasi dalam aspek sosial pada pasangan, perlu dilakukan secara terbuka dengan tujuan saling mengetahui kebutuhan dan mencapainya bersama. Satu alasan kenapa pasangan sulit mencapai orgasme, menurut penjelasan Justin J. Lehmiller, Ph.D., wanita jarang mengutarakan atau meminta apa yang mereka inginkan. Oleh karena komunikasi penting, maka perlu terbuka terhadap pasangan agar dapat sama-sama mencapai kepuasan bercinta.

alasan kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme
Ilustrasi alasan kenapa penting memilih posisi bercinta yang tepat untuk capai orgasme (Freepik/master1305)

4. Mencoba teknik dan strategi sesuai preferensi

Banyak sekali posisi seks yang jadi referensi. Namun tidak semua bisa membantu setiap pasangan mencapai kepuasan hubungan seks. Ini berarti, untuk mendapatkan orgasme, penting mengeksplorasi, mencoba teknik baru, mempraktikkan strategi tertentu, hingga menggali referensi berkaitan dengan posisi seksual.

Pesan peneliti dari The Kinsey Institute, Indiana University, Lehmiller, jelajahi dan cobalah banyak hal baru untuk menemukan yang terbaik dan apa yang paling Anda sukai. Namun selain itu, penting pula membangun keintiman di luar ‘ranjang’ agar kedekatan emosional terjalin dan pengalaman seksual lebih memuaskan.