Jenuh saat Berhubungan Intim? Kenali 7 Dampak Kebosanan Seksual pada Kehidupan Rumah Tangga
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kebosanan seksual adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan ketidakpuasan atau ketidaktertarikan berhubungan seksual seseorang dengan pasangannya. Ini adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi individu dan hubungannya dengan pasangan. Apakah Anda berada dalam situasi yang sama?  Baca terus artikel ini untuk mengetahui tanda dan tujuh dampak kebosanan seksual pada kehidupan rumah tangga.

Berkurangnya keintiman

Jika Anda mulai jarang melakukan hubungan seksual dengan pasangan, pun saat berhubungan Anda merasa terpaksa melakukan. Maka ini bisa jadi Anda sedang mengalami kebosanan seksual. Kebosanan seksual dapat menyebabkan kurangnya keintiman, yang dapat merusak hubungan emosional antar pasangan.

Hilangnya kenikmatan

Ketika seks menjadi rutinitas atau membosankan, hal itu dapat mengakibatkan berkurangnya kenikmatan bagi kedua pasangan. Anda harus mencoba berbagai cara untuk membumbuinya termasuk mainan seks dan hal lainnya.

Kehilangan rasa tertarik

Kebosanan seksual dapat menyebabkan seseorang kehilangan minat terhadap seks, penurunan hasrat, dan gairah seksual. Kehilangan minat ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan seperti kesehatan, trauma mental, dan stres.

Ketegangan dalam hubungan

Jika kebosanan seksual tidak diatasi, hal ini dapat menyebabkan ketegangan dan konflik dalam hubungan. Sehingga menyebabkan ketegangan dan berpotensi menyebabkan perpisahan atau perceraian dalam rumah tangga.

Potret diri yang negatif

Jika salah satu pasangan mengalami kebosanan seksual, bisa jadi pasangan lainnya merasa kalau rasa bosan yang timbul akibat kurangnya penampilan atau daya tarik seksualnya sendiri. Ini bisa sebabkan penurunan kepercayaan dan harga diri. Bahkan banyak pasangan yang berpisah karena mengalami body shaming.

Ketidaksetiaan

Ketika pasangan tidak puas dengan pengalaman seksualnya, dia mungkin mencari kepuasan seksual di tempat lain. Sehingga berpotensi menyebabkan perselingkuhan, yang sangat umum terjadi.

Kesehatan

Sama seperti kesehatan yang dapat memengaruhi kehidupan seks Anda, kebosanan seksual karena alasan lain dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan depresi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.