Kehidupan Seksual yang Menyenangkan, Dimiliki Setiap Pasangan dengan 10 Kebiasaan Ini
Ilustrasi kehidupan seksual yang menyenangkan (Freepik/Racool Studio)

Bagikan:

JAKARTA – Kehidupan seksual yang menyenangkan memupuk hubungan. Memiliki kehidupan seksual yang sehat bersama pasangan juga termasuk menyenangkan. Lantas, apa tandanya jika kehidupan seksual Anda dan pasangan menyenangkan?

Tidak ada tanda-tanda secara pasti, tetapi dilansir WebMD, Rabu, 10 November, kebiasaan-kebiasaan di bawah ini berkontribusi membangun kehidupan bercinta yang menyenangkan. Apakah Anda dan pasangan memiliki kebiasaan berikut?

1. Mendefinisikan seks secara luas

Hubungan seksual yang menyenangkan cenderung dipahami secara eksplisit. Padahal pasangan yang punya kehidupan seks menyenangkan mempunyai cara pandang berbeda terhadap hubungan badan.

Bercinta tidak hanya soal penetrasi dan kepuasan, tetapi menurut studi, berdekatan secara fisik dan emosional dengan pasangan bisa jadi salah satu tanda bahwa Anda berdua berada di tempat yang sehat.

2. Sama-sama punya pengetahuan tentang seksualitas

Seksualitas atau yang berkaitan dengan dorongan dan peranan seks diketahui setiap pasangan yang memiliki kehidupan seksual menyenangkan. Misalnya mengenali lebih banyak tentang zona erotis fisik satu sama lain, seberapa banyak dibutuhkan stimulasi, dan apa yang membuat Anda serta pasangan bergairah bisa membawa kehidupan seks ke tingkat yang lebih sehat.

3. Saling kontak fisik

Cara membangung koneksi dan kepercayaan salah satunya dengan kontak fisik. Para terapis seks menyebut teknik ini sebagai fokus sensasi. Ini merupakan latihan untuk mengeksplorasi bagaimana berbagai jenis sentuhan membuat Anda merasakan sensasi.

Latihan ini juga mengurangi tekanan untuk mencapai ‘tujuan’ seksual seperti penetrasi atau orgasme. Jika pasangan mempraktikkan sentuhan sensual, maka kedekatan dan keintiman semakin menyenangkan.

kehidupan seksual yang menyenangkan
Ilustrasi pasangan yang punya kehidupan menyenangkan (Unplash/Jayson Henrichsen)

 

4. Percaya satu sama lain

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang tidak jujur tentang apa yang mereka lakukan cenderung merasa tidak puas di kamar tidur. Jadi, pasangan yang bisa dipercaya atau percaya satu sama lain bisa membuat lebih nyaman. Artinya beritahu satu sama lain jika libido menurun atau kesulitan mencapai orgasme. Dengan cara itu, setiap pasangan bisa saling mengupayakan.

5. Fleksibel

Mengenai apa yang disukai, seberapa sering menginginkan seks, dan seberapa penting hubungan seks berbeda-beda setiap pasangan. Ini berkaitan dengan bertambahnya usia, kesehatan fisik, dan tekanan kehidupan sehari-hari.

Sedangkan pasangan yang tetap ingin tahu dan fleksibel tentang kebutuhan seks mereka cenderung merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Efek terbaiknya bisa membuka jalan bagi kehidupan seks yang lebih memuaskan.

6. Meluangkan waktu

Menikmati seks berhubungan dengan elemen terkecil dalam tubuh, yaitu hormon estrogen wanita dan testosteron pada pria. Naik turunnya hormon tersebut dipengaruhi berbagai hal, termasuk usia. Pasangan yang mencoba menyisihkan waktu cukup, lebih bisa menikmati seks.

7. Pasangan yang bereksperimen

Posisi, gerakan, sentuhan, dan rangsangan yang begitu-begitu saja acap membuat kurang merasakan sensasi. Nah, pasangan yang bereksperiman dan mencoba variasi baru dapat meningkatkan sensasi sehingga merasa lebih klimaks.

8. Saling melayani

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang peduli untuk memuaskan pasangannya akan lebih bahagia. Ini berarti saling melayani ketika bercinta juga berperan memenuhi fantasi seksual Anda dan pasangan.

9. Mencari kepuasan

Aktivitas-aktivitas yang menyokong hasrat biasanya dilakukan setiap pasangan yang punya kehidupan seksual menyenangkan. Mereka tertawa bersama, olahraga, membuat proyek bersama, dan melakukan aktivitas lain yang bikin gembira. Ini bermanfaat membangun dan memperkuat jalur respons sehingga membantu setiap pasangan lebih mudah terangsang.

10. Tidak terobsesi dengan orgasme

Orgasme butuh diupayakan setiap pasangan. Ini dibuktikan oleh peneliti di Universitas Toronto yang menemukan pasangan yang percaya bahwa kerja keras dan usaha bisa menikmati hubungan intim yang bahagia. Tetapi klimaks bukan tujuan dari setiap hubungan seksual, ini dipahami setiap pasangan yang puas dengan kehidupan seksnya. Menyentuh dengan cara sensual atau terkoneksi dalam bentuk apapun sudah cukup membangun kedekatan.

Apakah 10 kebiasaan di atas Anda dan pasangan miliki?