Jeff Bezos Danai Penelitian untuk  Temukan Resep Umur Panjang
Jeff Bezos, ingin berusaha memperpanjang usianya sebisa mungkin. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, dilaporkan mendukung startup Silicon Valley bernama Altos Labs yang didedikasikan untuk menemukan cara untuk membalikkan proses penuaan. Meskipun mungkin terdengar seperti lelucon pada awalnya, penelitian anti-penuaan perusahaan INI telah menerima dana dari banyak orang kaya.

Altos Labs, sebuah perusahaan teknologi pemrograman ulang biologis, dilaporkan memiliki nama besar yang datang untuk membantunya seperti CEO Amazon Jeff Bezos dan miliarder Rusia-Israel Yuri Milner. Perusahaan ini merekrut ilmuwan top dari seluruh dunia dengan gaji setinggi 1 juta dolar AS dan berjanji mereka dapat melanjutkan penelitian mereka sendiri tentang anti-penuaan dan bagaimana membalikkan proses penuaan sel.

Orang-orang yang bergabung dalam penelitian ini pasti akan menarik perhatian semua orang. Juan Carlos Izpisúa Belmonte, seorang ahli biologi di Salk Institute di La Jolla, California adalah satu di antara banyak ilmuwan yang akan bekerja sama dengan Altos Labs.

Selain itu, ilmuwan pemenang Hadiah Nobel Shinya Yamanaka juga akan menjadi bagian dari dewan penasihat ilmiah Altos. Dia memenangkan Hadiah Nobel untuk penelitiannya tentang pembalikan penuaan dalam sel.

Untuk meremajakan sel, metode yang dikenal sebagai pemrograman ulang biologis digunakan yang dapat membuka pintu menuju keabadian. Sementara banyak startup sedang mengerjakan pemrograman ulang biologis, tidak satupun dari mereka yang berhasil mendapatkan pendanaan seperti yang dilakukan Altos Labs.

Cinta Bezos Untuk Penelitian Panjang Umur

Bezos saat ini berusia 57 tahun dan juga orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar 201 miliar dolar AS, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Dia telah lama tertarik pada penelitian umur panjang. Miliarder itu sebelumnya berinvestasi di perusahaan anti-penuaan bernama Unity Biotechnology.

Sementara MIT Technology Research tidak dapat mengkonfirmasi kepemilikan Bezos di Altos, yang pasti adalah dia mengetahui usianya. Ideologi ini juga tercermin melalui surat terakhirnya kepada pemegang saham Amazon, di mana ia mengutip ahli biologi Richard Dawkins: "Mencegah kematian adalah hal yang harus Anda kerjakan... Jika makhluk hidup tidak bekerja secara aktif untuk mencegahnya, mereka pada akhirnya akan bergabung dengan lingkungan mereka dan berhenti eksis sebagai makhluk otonom. Itulah yang terjadi ketika mereka mati."

Apa yang ditunjukkan Bezos di sini adalah bahwa negara, perusahaan, dan manusia harus berjuang untuk tetap berbeda dan unik. Mengembalikan waktu ke masa muda Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya.

Bisakah Uang Membeli Waktu?

Yah, tidak mengherankan bahwa miliarder berada di urutan pertama untuk bertaruh pada sesuatu yang akan membuat mereka hidup selama mungkin. Namun, masih belum jelas bagaimana tepatnya Altos Labs mencoba mencapainya dan bagaimana mereka akan sampai di sana.

Selain itu, MIT Technology Review melaporkan bahwa tidak akan ada tenggat waktu bagi para peneliti. Sebaliknya, perusahaan bertujuan untuk menciptakan "ilmu pengetahuan yang hebat." Jadi saat ini, Altos Labs masih menjadi misteri, dan satu-satunya alasan mendapatkan dana besar adalah fakta sederhana bahwa tidak ada yang mau mati. Tetapi bagaimana mencapai keabadian adalah pertanyaannya.

Mungkin pertanyaan yang lebih menghantui adalah siapa yang mendapatkan akses ke teknologi ini setelah para ilmuwan memecahkan kodenya?