8 Trik Menciptakan Makeup Awet di Wajah Berminyak
Ilustrasi (Anastasiya Gepp/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki kulit berminyak tak berarti Anda harus merelakan penggunaan makeup dari wajah. Anda tetap bisa mengaplikasikan makeup pada wajah, asalkan tahu produk apa yang cocok digunakan. VOI, melansir WebMD, Kamis, 1 Desember, membagikan trik makeup awet di kulit wajah berminyak berdasarkan saran makeup artis dan dermatologis. 

Selalu gunakan primer

Jika Anda memiliki kulit berminyak, menggunakan primer di awal membantu riasan Anda tetap terjaga. Setidaknya, aplikasikan primer lebih banyak di area wajah paling berminyak untuk mereduksi kilau berlebih karena minyak. Selain itu, hindari pemakaian concealer di kelopak mata dan gunakan primer khusus untuk bagian ini. 

Jangan berlebihan menggunakan bedak

Jika dinalar, penggunaan bedak yang banyak pasti bisa meminimalisir tampilan minyak di wajah karena bedak membantu menyerap minyak. Nyatanya, penggunaan bedak berlebih bisa jadi bumerang karena pori-pori justru mengeluarkan minyak lebih banyak saat tertutup produk.

Aplikasikan bedak hanya pada area yang mengkilap. Gunakan formula matte translucent, yang dapat menghilangkan kilap. Untuk menghilangkan bedak berlebih, coba basahi spons dan tepuk-tepuk pada bagian yang terlalu banyak bedak di wajah.

Selalu sedia blotting paper

Penggunaan makeup lebih dari tiga jam di kulit berminyak bisa membuat kilapan di wajah muncul kembali. Untuk itu sediakan blotting paper atau kertas minyak khusus wajah. Blotting paper ini akan menyerap minyak di wajah sehingga kulit Anda bebas kilap dan terlihat fresh kembali. 

Trik menggunakan kertas blotting tanpa menghilangkan riasan adalah dengan menekan kertas di area berminyak. Lalu gulung kertas tersebut dari kulit, alih-alih menggosokkan kertas tersebut ke kulit.

Pakai produk makeup bebas minyak

Karena kulit Anda secara alami menghasilkan minyak berlebih, maka coba investasi pada produk makeup. Khususnya foundation dan blush on dengan label oil free dan non komedogenik.

Selain itu, gunakan pembersih wajah dan toner yang mengandung glycolic acid, yang mengurangi minyak berlebih. Asam lain yang baik untuk dipertimbangkan untuk digunakan adalah salicylic acid.

Pilih produk makeup waterproof

Air dan minyak dapat melakukan hal yang sama pada makeup, yaitu membuatnya luntur. Pilihlah produk makeup yang waterproof, water-resistant, atau long-wear untuk bagian mata agar riasan mata tidak mudah terhapus oleh minyak.

Aplikasikan skincare sebelum makeup

Sebelum makeup, aplikasikan skincare terlebih dahulu guna memperlambat ketahan makeup di wajah. Hindari penggunaan pelembab dengan konsistensi yang berat untuk mencegah kulit lebih berminyak. Anda bisa menggunakan serum saja karena konsistensinya lebih ringan dibandingkan pelembab. 

Makeup di siang hari, jangan lupa gunakan sunscreen dengan kandungan oil free. Setelah pengaplikasian, letakkan tisu di wajah dan tekan dengan lembut untuk menghilangkan sisa produk sebelum mengaplikasikan basic makeup.

Perawatan wajah

Sekali atau dua kali seminggu, gunakan masker clay untuk jenis kulit berminyak. Clay mask secara alami menyerap minyak dan kotoran sambil menenangkan iritasi. Oleskan masker dalam jumlah seperempat ukuran dengan jari-jari Anda. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat untuk hasil akhir yang matte.