5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak Dalam Merawat Wajah
Ilustrasi Pemilik Kulit Wajah Berminyak (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki kulit wajah berminyak sangat berisiko tinggi terkena jerawat. Kulit berminyak sendiri disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga sebum yang dihasilkan terlalu berlebihan.

Kondisi ini umum terjadi dan sering dialami beberapa orang. Faktor hormon dan genetik menjadi penyebab utama produksi minyak berlebih, sehingga tidak bisa dihilangkan. Meski begitu, Anda pemilik kulit wajah berminyak tidak perlu khawatir sebab Anda bisa mencegah kulit berminyak dengan menghindari beberapa hal berikut ini.

Penggunaan toner yang keras

Toner merupakan salah satu produk kecantikan yang sangat penting bagi wajah karena berfungsi mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah. Penggunaan toner juga dapat membantu Anda mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tapi hal yang harus diperhatikan saat menggunakan toner yaitu pilihlah yang berbahan dasar ringan dan tidak mengandung alkohol. Toner yang keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Tidak mencuci wajah setelah beraktivitas

Setelah beraktivitas seharian di luar, jangan lupa untuk segera mencuci muka setelah pulang ke rumah. Menunda aktivitas mencuci muka hanya dapat menyebabkan kotoran dan debu masuk lebih dalam ke pori-pori. Untuk itu, penting sekali mencuci muka setelah beraktivitas untuk menghilangkan penumpukan bakteri, kotoran, keringan, debu, di pori-pori.

Memakai Makeup Tebal

Hal yang tidak seharusnya dilakukan pemilik kulit berminyak yaitu menggunakan makeup tebal. Pasalnya, pori-pori akan tersumbat. Penyumbatan pori-pori hanya akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi minyak lebih banyak. Jika situasi mengharuskan penggunaan makeup, alangkah baiknya gunakan makeup bebas minyak. Anda dapat memilih makeup dengan hasil matte serta hindari makeup berbasis minyak atau krim.

Membersihkan wajah dengan krim

Saat ini banyak brand kecantikan mengeluarkan produk pembersih wajah berbahan dasar krim. Sebetulnya produk ini dirancang khusus bagi pemilik kulit kering karena krim mengandung bahan aktif yang dapat melembabkan kulit. Jika digunakan pemilik kulit wajah berminyak hanya akan menyebabkan kulit Anda terlihat makin berminyak. Sebaiknya, gunakanlah produk pembersih bertekstur gel atau micellar water yang lebih ringan.