Selain <i>Skincare</i>, Ini 5 Makanan yang Jadi Sumber Kolagen untuk Kulit Sehat
Ilustrasi Makanan Sumber Kolagen (Trang Doan-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir, kolagen menjadi primadona di kalangan para wanita. Itu karena kolagen merupakan salah satu bentuk protein yang berfungsi menjaga elastisitas kulit, meregenerasi sel kulit mati, dan menjaga otot serta tulang agar tetap sehat. Selain itu, kolagen juga bertindak sebagai nutrisi yang dapat membantu melawan penuaan sel sehingga kulit tetap awet muda.

Melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan kolagen, banyak perusahaan kecantikan kemudian berlomba-lomba menjadikan kolagen sebagai bahan aktif yang digadang-gadang dalam produk kecantikan.

Sayangnya, penggunaan kolagen secara topikal dinilai kurang efektif sebab tidak dapat diserap dengan baik oleh kulit. Sedangkan, semakin bertambahnya umur, kulit Anda akan mulai kehilangan produksi kolagen. Oleh karena itu, Anda memerlukan sumber kolagen eksternal yang bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan makanan.

Nah, berikut VOI informasikan beberapa bahan-bahan makanan yang dapat memicu pembentukan kolagen seperti dilansir dari Healthline, Selasa, 16 Februari:

Sup Kaldu

Sup Kaldu (Gbr: Jenvit Keiwalin-Pexels)

Sup kaldu merupakan salah satu makanan yang mengandung kolagen dan dapat langsung diserap tubuh. Sup kaldu bisa Anda olah dari tulang, sum sum, dan beberapa jaringan halus lainnya dari ayam, kalkun, atau daging sapi.

Alpukat

Alpukat (Gbr: Thought Catalog-Pexels)

Alpukat merupakan buah kaya vitamin E. Vitamin ini dapat membantu memecah proses penuaan kulit sehingga mencegah kolagen untuk tidak terurai. Asam lemak dalam alpukat juga merupakan sumber kolagen yang dibutuhkan tubuh.

Bawang Putih

Bawang Putih (Gbr: Cats Coming-Pexels)

Selain berfungsi sebagai antibiotik, sumber antioksidan, dan mencegah kanker, rupanya bawang putih juga dapat meningkatkan aktivasi kolagen dalam tubuh sebab memiliki kandungan sulfur. Jika Anda kurang suka mengonsumsi bawang putih, mungkin Anda bisa mempertimbangkannya kembali setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Buah Manggis

Buah Manggis (Gbr: Quang Nguyen-Pexels)

Jenis asam dalam buah manggis dipercaya dapat mencegah kerusakan kolagen akibat paparan sinar UV. Jadi, tidak heran 'kan jika buah manggis dinobatkan sebagai ratu dari segala buah-buahan?

Salmon

Ikan Salmon (Gbr: Valeria Boltneva-Pexels)

Salmon dikenal luas sebagai makanan kaya akan nutrisi. Kandungan zink dalam ikan salmon berfungsi mengaktifkan kolagen. Pada dasarnya, tipe ikan seperti salmon dan tuna dipercaya memiliki zat aktif yang dapat membentuk kolagen.