Mempercantik dari Dalam, Ini 5 Vitamin Alami untuk Menjaga Kulit Tetap <i>Glowing</i>
Ilustrasi sumber makanan yang mengandung vitamin untuk kulit wajah (Freepik/Drobotdean)

Bagikan:

JAKARTA – Menjaga kulit tetap kencang dan glowing bisa ditempuh tidak hanya dengan mengenakan skincare lengkap. Tetapi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin yang ampuh menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan penelitian yang dilansir Medical News Today, Senin, 13 Desember, sejumlah vitamin berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit. Pada banyak kasus, efektivitas vitamin lebih dipercaya langsung dioleskan ke kulit wajah. Tetapi dengan diet sehat, tidak hanya kesehatan kulit yang terjaga tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Berikut 5 jenis vitamin dan sumber makanan dengan kandungan vitamin yang bermanfaat menjaga kulit Anda tetap glowing meski usia tak lagi belia.

1. Vitamin A

Produk skincare yang mengandung vitamin A, umumnya mengandung komposisi retinol, tretinoin, dan isotretinoin. Dalam sumber makanan yang menyokong kulit wajah sehat dari dalam antara lain sayuran hijau berdaun gelap, ubi jalar, dan telur.

Vitamin A menjaga kemampuan kulit untuk aktif meregenerasi sel kulit mati. Tak hanya itu, vitamin A bermanfaat memperbaiki tekstur kulit, warna kulit, mencegah jerawat, dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Ditambah lagi, kandungan vitamin A juga membuat kulit enggak sensitif terhadap matahari.

vitamin untuk kulit wajah
Ilustrasi vitamin untuk kulit wajah (Pexels/Andrea Piacquadio)

2. Vitamin B

Vitamin B mencakup 12 jenis suplemen kompleks yang menurut penelitian bertugas membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang sehat. Vitamin B3, atau dalam skincare yaitu niacinamide, aktif bertugas membantu mengatasi tanda penuaan pada kulit. Termasuk bintik-bintik penuaan dan perubahan warna kulit.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks antara lain daging, telur, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain mengonsumsi sumber makanan tersebut, Anda juga perlu memastikan cukup minum air mineral supaya membantu kulit terhidrasi dari dalam tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan oksidatif karena radikal bebas. Banyak penelitian membuktikan bahwa kerusakan oksidatif bisa memicu munculnya tanda penuaan, tidak hanya penurunan kesehatan tubuh tetapi juga penuaan pada kulit.

Vitamin C juga bermanfaat meningkatkan elastisitas dan mempercerah warna kulit dalam penggunaan topikal atau dioles ke kulit. Maka, banyak serum atau produk perawatan kulit memakai komposisi vitamin C.

Meningkatkan kolagen dan melawan efek kerusakan kulit karena matahari juga bisa didapat ketika mengonsumsi sumber makanan yang tinggi vitamin C, seperti pepaya, jeruk, brokoli, kentang, brussel sprouts, dan stroberi.

4. Vitamin D

Mendapatkan vitamin D, bisa ditempuh dengan berjemur pada pagi hari. Selain itu, susu, sereal, salmon, dan tuna juga mengandung tinggi vitamin D. Manfaat dari vitamin D antara lain membantu mengatasi peradangan, iritasi kulit, mengatasi beberapa jenis jerawat, dan eksim. Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 menemukan bahwa vitamin D dan E dapat membantu mengatasi dermatitis atopik.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki manfaat yang sama dengan vitamin C, yaitu bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu memperlambat penuaan akibat radikal bebas. Suplemen vitamin E lewat sumber makanan alami, menurut penelitian, bisa memperlambat penuaan kulit, seperti mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, mangga, dan jagung.

Disamping vitamin di atas, banyak jenis nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Artinya, baik apabila mengonsumsi variasi makanan yang kaya nutrisi.