<i>Homemade!</i> Begini Cara Buat <i>Body Scrub</i> yang Bikin Kulit Lebih <i>Glowing</i>
Ilustrasi body scrub (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

JAKARTA - Body scrub yang membuat kulit glowing bisa dibuat sendiri di rumah. Keuntungannya, perawatan kulit tidak lagi merepotkan dan ribet. Jika Anda tertarik membuat body scrub di rumah alias homemade, caranya mudah dan berbahan alami.

Plusnya lagi, Anda bisa mendapatkan kulit lembut serta tampak lebih muda. Body scrub homemade cuma butuh beberapa bahan. Bahan tersebut mudah dicari, bahkan selalu tersedia di dapur. Tertarik? Berikut caranya, gampang kok!

Body scrub kopi

Di rumah jarang yang tak memiliki stock coffee bean? Anda cukup mencampurkan bahan-bahan berikut ini:

- 1/2 cup bubuk kopi murni

- 1/4 cup gula pasir

- 2 sendok makan minyak zaitun

- 3 kapsul vitamin E

Cara membuatnya, campurkan semua bahan diatas sehingga menjadi pasta. Lalu cara memakainya, pertama bersihkan kulit dan aplikasikan scrub secara merata. Biar lebih efektif cara kerjanya, pijit-pijit bagian kulit yang diolesi scrub.

Sebisa mungkin pijat dengan gerakan melingkar. Gerakan ini juga bisa memperlancar peredaran darah. Lakukan selama 5 hingga 10 menit kemudian diamkan selama 1 hingga 2 menit. Terakhir, cuci dengan air hangat hingga bersih.

Body scrub kopi dapat dipakai 2 hingga 3 kali dalam satu minggu untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Sedangkan minyak zaitun bisa membuat kulit lebih lembab dan tetap sehat.

Body scrub yoghurt

Resep body scrub homemade kedua terbuat dari campuran yoghurt, minyak zaitun, madu, dan gula pasir dengan takaran sebagai berikut:

- 1 sendok makan yoghurt

- 1/4 cup minyak zaitun

- 1 sendok teh madu

- 3 sendok makan gula pasir

Campur dan aduk hingga merata serta menjadi pasta. Cara memakainya masih sama dengan resep pertama. Terakhir, cuci dengan air hangat dan bilas dengan air dingin bersih.

Body scrub kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang populer dipakai di India. Bahan tersebut mengandung antiseptik dan antibakterial. Sehingga bisa membuat kulit terlihat lebih muda. Untuk mendapatkannya, campurkan tiga bahan di bawah:

- 1 cup gula pasir

- 2 sendok teh bubuk kunyit

- 1 1/2 cup minyak kelapa

Campuran tiga bahan diatas menjadi pasta dan aplikasikan pada kulit setelah dibersihkan. Pijat agar rileks dan bekerja efektif selama 5 hingga 10 menit. Diamkan selama 1 hingga 2 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Biar hasilnya maksimal, pakai 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Mana yang ingin Anda coba di rumah? Mudah ‘kan menemukan bahan-bahannya.