Manfaat Serum dengan Kandungan Kakadu Plum untuk Wajah
Ilustrasi (Mikhail Nilov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kakadu plum. Buah yang cukup asing di telinga sebagian besar orang, tapi sebenarnya punya pamor di dunia skincare. Buah asal Australia yang dikategorikan superfruit ini terkenal dengan manfaat mencerahkan kulit. Kakadu plum bahkan dikatakan menjadi tandingan vitamin C versi tradisional pada produk skincare. Umumnya dijadikan serum kakadu plum.

Dilansir dari The Zoe Report, Selasa, 21 September, dermatolog menjelaskan bahwa kakadu plum merupakan buah dengan sumber vitamin C konsentrasi tinggi di bumi. Dibanding jeruk Florida, kakadu plum mengandung vitamin C sekiranya 55 persen lebih tinggi per ons. Vitamin C memiliki manfaat kecantikan untuk kulit, tidak heran Kakadu plum dijadikan bahan favorit kandungan skincare, terutama pada serum. Apa saja manfaatnya? Menyadur laman Beautified, berikut penjelasannya.

Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada Kakadu plum membuatnya efektif mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Vitamin C ini pula yang membuat buah ini memiliki antioksidan tinggi yang berguna melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan (seperti polusi).

Meremajakan Kulit

Fungsi skincare anti-aging juga termasuk dalam manfaat buah Kakadu plum. Vitamin C yang terkandung pada buah ini membantu membentuk proline, yakni asam amino yang menciptakan kolagen. Kolagen inilah yang membantu kulit lebih kencang dan kenyal.

Mengatasi Jerawat

Bahkan Kakadu plum mempunyai kekuatan antiseptik di atas rata-rata. Itulah alasan buah ini juga jadi andalan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Jenis asam bernama gallic acid pada Kakadu plum dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan ellagic acid berguna mengurangi inflamasi. Buah yang bagus untuk acne-prone skin atau kulit berjerawat.

Tips Pemakaian Skincare Kakadu Plum

Karena kekuatannya, ada risiko yang sebaiknya dipertimbangkan saat memakai produk skincare Kakadu plum. Bagi pemilik kulit sensitif, dermatolog sarankan lakukan small patch test sebelum memakainya ke seluruh wajah. Sedangkan untuk pemilik kulit kering maupun sensitif, selalu barengi pemakaian produk Kakadu plum dengan serum yang mengandung hyaluronic acid. Tujuannya agar mengurangi sensasi perih.