Manfaat Menggunakan Emas untuk Perawatan Kulit Wajah
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Emas tidak hanya sekedar logam mulia, tapi juga berpengaruh untuk memberi manfaat pada kulit. Saat ini, emas telah banyak ditambahkan ke dalam perawatan kulit dalam bentuk serum, minyak, bahkan masker mata.

Pertanyaannya adalah apakah emas aman untuk dijadikan sebagai perawatan kulit? Emas telah digunakan sebagai bahan anti inflamasi, antioksidan, dan anti penuaan selama beberapa dekade.

Dilansir dari Fimela, Selasa, 31 Agustus, emas adalah unsur kimia dan logam mulia yang bisa dihadirkan dalam dua media utama jika dijadikan sebagai produk perawatan kulit, yaitu emas koloid dan bubuk emas murni 24 karat. Emas koloid dikenal juga sebagai nanogold atau nanopartikel yang sangat stabil dan dapat dengan mudah menangani sel target, karena ukurannya kecil dan luar permukaan, bentuk, dan kristalinitasnya besar.

Pada dasarnya, nanopartikel emas dapat meningkatkan efektivitas manfaat emas, karena bisa menembus lebih dalam ke kulit. Studi klinis tentang emas sebagai perawatan kulit cukup terbatas, namun ada beberapa data menjanjikan tentang manfaat emas untuk kulit.

Emas dapat membantu bahan perawatan kulit lainnya lebih efektif. Emas bisa bertindak sebagai pembawa untuk membantu penetrasi zat aktif lainnya.

Menurut studi Journal of Pharmaceutics, perawatan kulit yang menggunakan nanogold bisa meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, serta menunda proses penuaan kulit. Sifat emas bisa membantu melindungi kulit dari polusi lingkungan dan kerusakan akibat sinar matahari kronis, yang keduanya bisa mendatangkan malapetaka pada kulit dan mempercepat munculnya penuaan.

Nanopartikel emas bisa mempercepat mekanisme penyembuhan luka, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan antispetik. Namun ingat, bahwa sama halnya dengan bahan perawatan kulit lainnya, emas berpotensi menyebabkan iritasi bagi sebagian orang.

Pastikan Anda melakukan uji tempel di setiap produk baru pada area kecil kulit dan pantau selama beberapa hari, amati apakah ada tanda-tanda iritasi yang muncul. Sudah pernah mencoba produk perawatan kulit dengan emas?