5 Manfaat dan Cara Menggunakan Madu untuk Perawatan Kulit Wajah
Ilustrasi cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bahan alami yang satu ini, enggak bisa diremehkan manfaatnya untuk perawatan kulit, terutama untuk kulit wajah. Beberapa produsen skincare pun memformulasikan madu untuk produknya. Tetapi, mana madu yang aman untuk kulit dan bagaimana cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah? Ketahui selengkapnya dalam ulasan berikut.

Madu merupakan bahan humektan yang bermanfaat sebagai antimikroba, melembapkan, menghidrasi, mengurangi peradangan, dan membuka pori-pori. Setiap tipe kulit, bisa menggunakan madu untuk perawatan, tetapi paling bermanfaat untuk kulit kering dan sensitif. Madu yang aman dan baik untuk perawatan, adalah madu alami tanpa dipasteurisasi. Karena madu jenis ini masih aktif sehingga manfaatnya terserap optimal oleh kulit.

Manfaat madu untuk kulit

Sejak zaman kuno, banyak orang memanfaatkan madu tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Madu mampu menarik kelembapan ke dalam kulit dan selengkapnya ini manfaat madu untuk kulit.

1. Membersihkan pori-pori

Madu yang alami bersifat antibakteri, sehingga bisa menjadi pembersih wajah yang baik. Anda bisa mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah dengan mencampurkan sedikit madu mentah dalam air untuk membersihkan wajah.

cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah
Ilustrasi cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah (Freepik/master1305)

2. Mengobati jerawat

Kalau Anda menggunakan madu sebagai pembersih kulit, maka bisa juga bermanfaat untuk mencegah jenis jerawat tertentu karena sifat anti-jamur di dalam madu. Untuk khasiat lebih, madu bisa dioleskan pada jerawat untuk membantunya sembuh lebih cepat.

3. Mengeksfoliasi kulit

Untuk mengangkat sel kulit mati, Anda bisa mencampurkan madu sebagai bahan eksfoliasi. Campurkan bubuk kopi dan minyak almond untuk mendapatkan konsistensi kental. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah secara lembut.

4. Memudarkan bekas luka

Jaringan parut pada kulit wajah, mungkin membuat Anda kurang percaya diri. Untuk itu, manfaatkan madu untuk menyamarkan bekas luka. Penting Anda ketahui, dalam madu mengandung hydrogen peroksida yang berguna mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, madu juga bermanfaat memudarkan flek hitam.

Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan madu ke wajah dengan cara tepat. Sehingga kulit tetap terhidrasi, bercahaya, segar, dan kenyal setiap saat.

cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah
Ilustrasi cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah (Freepik/jcomp)

5. Mengobati kondisi tertentu pada kulit

Menurut laporan seorang peneliti dilansir Byrdie, Rabu, 22 Februari, menunjukkan bahwa madu dapat mengobati dermatitis seboroik, dermatitis atopik, dan psoriasis. Bahkan madu mentah juga bermanfaat menenangkan gejala eksim.

Itulah kelima manfaat dan cara menggunakan madu untuk perawatan kulit wajah. Jika Anda ingin mendapatkan khasiatnya, pilih madu mentah dan bisa langsung dipakai untuk perawatan kulit.

Tetapi perlu diwaspadai, madu juga bisa memicu alergi. Misalnya bagi Anda yang alergi lebah, serbuk sari atau racun lebah, maka penting memilih madu yang tidak terkontaminasi alergen. Rekomendasinya, lakukan uji tempel sebelum memasukkan madu sebagai skincare harian Anda.