Kenali 5 Manfaat Rutin Menggunakan Air Beras untuk Kulit Wajah
Ilustrasi Air Beras (Guiyuan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang diketahui, wanita Jepang dan Korea menggunakan air beras sebagai salah satu bahan rahasia kecantikan mereka. Bahan ini bahkan telah digunakan dari generasi ke generasi untuk menghasilkan kulit wajah yang mulus dan bercahaya. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan air beras untuk perawatan wajah.

Air Beras Memiliki Manfaat Anti-Aging

Air beras memiliki kandungan asam amino, antioksidan dan mineral yang tinggi, sehingga efektif untuk mengurangi atau memperlambat proses penuaan kulit. Kandungan tersebut juga dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase, enzim yang bertanggung jawab untuk penuaan kulit. Oleh karena itu, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Air Beras Dapat Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat utama air beras adalah dapat mencerahkan kulit dan membuat warna kulit menjadi merata. Kandungan di dalamnya dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, bersinar dan bersih.

Air beras Dapat Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat membasuh muka dengan air beras karena efek astringent dapat membantu mengurangi minyak di wajah dan melindungi kulit dari jerawat.

Air Beras Dapat Meningkatkan Kesehatan Skin Barrier

Lapisan kulit terluar atau skin barrier dikenal sebagai penghalang kulit yang dapat mencegah kulit Anda menjadi kering dan rentan terhadap gangguan kulit seperti eksim dan dermatitis atopik. Kandungan pati air beras dipercaya dapat melindungi skin barrier secara alami.

Air Beras Dapat Menenangkan Kulit Terbakar dan Iritasi

Wajah iritasi akibat sinar matahari seperti terbakar sinar matahari, peradangan, kemerahan dan gatal-gatal dapat dikurangi dengan mengoleskan air beras bertepung. Air beras dapat memberikan efek pendinginan dan menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.