Kulit Berjerawat, Begini Cara yang Tepat Melakukan <i>Skincare Routine</i>
Ilustrasi Skincare Routine (Rapahel Lovaski/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak dari Anda yang mungkin memiliki kulit mudah berjerawat. Dikutip dari laman Cosmopolitan, Selasa, 14 Desember, jerawat (acne) adalah kondisi kulit umum yang terjadi karena adanya penyumbatan oleh minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati pada folikel rambut.

Untungnya, menurut American Academy of Dermatology, dengan melakukan skincare routine untuk kulit berjerawat dapat membantu jerawat berkurang sekaligus bisa menghindari jerawat muncul kembali. Skincare routine untuk kulit berjerawat ini harus Anda lakukan secara berurutan dan jangan sampai ada yang terlewat ya, supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal!

Bersihkan makeup dengan makeup remover

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah proses pembersihan makeup yang tidak maksimal. Sisa-sisa dari makeup yang ada pada kulit wajah akhirnya menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. 

Untuk mengurangi dan menghindari jerawat dari muncul kembali, Anda harus memastikan untuk membersihkan makeup di wajah sampai tuntas menggunakan makeup remover! Makeup remover dapat mengangkat sisa makeup, debu, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel pada kulit wajah dengan baik.

Karena kulit berjerawat pada umumnya memiliki kulit berminyak, pastikan Anda membersihkan wajah dengan makeup remover yang berbasis air atau gel.

Membersihkan wajah

Dikutip dari laman Byrdie, Arash Akhavan, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat, merekomendasikan agar Anda yang memiliki kulit berjerawat untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Banyak face wash yang mengklaim sebagai penyerap minyak terbaik, namun tidak semua minyak buruk bagi kulit. Justru kulit tetap memerlukan minyak alami! Hal ini karena, menggunakan face wash yang turut menyerap minyak alami, dapat membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menimbulkan lebih banyak jerawat.

Oleh karena itu, Akhavan menyarankan untuk menggunakan face wash lembut yang mengandung salicylic acid, berbentuk foam cleanser, dan berlabel non-comedogenic. 

Hindari penggunaan spons atau sikat eksfolian abrasif yang dapat menyebabkan peradangan kulit dan bisa memperburuk kondisi kulit berjerawat. 

Gunakan toner tea tree atau witch hazel setelah membersihkan wajah

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sisa kotoran dari kulit serta menyeimbangkan pH kulit. 

Tea Tree dan Witch Hazel sangatlah baik untuk kulit berminyak. Saat digunakan, kedua kandungan ini akan ‘menyapu bersih’ minyak berlebih pada kulit wajah, sehingga mengurangi dan menghindari jerawat muncul kembali.

Sebelum ada produk-produk yang memiliki kandungan seperti Benzoyl Peroxide atau Niacinamide, masyarakat di zaman dahulu kala menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan untuk mengobati kulit berjerawat.

Witch Hazel adalah salah satu jenis tanaman berbunga yang hanya bisa didapatkan di benua Amerika Utara dan negara Jepang. Sedangkan, Tea Tree, sesuai namanya adalah pohon teh Melaleuca Alternifolia yang aslinya berasal dari Queensland Tenggara dan pantai timur laut. New South Wales, Australia. Keduanya memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang dapat mengatasi masalah jerawat.