Agar Manfaatnya Makin Maksimal di Wajah, Kenali Perbedaan antara Serum dan Ampoule
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Nama ampoule tentu sudah tidak asing di telinga Anda para skincare enthusiast. Meski begitu, perbedaan antara keduanya masih sering dipertanyakan. Jika diperhatikan sekilas, Anda mungkin akan bingung terkait perbedaan antara ampoule dan serum. Sama-sama memiliki kandungan aktif yang dapat berfungsi baik pada kulit, ampoule dan serum ternyata tidaklah sama.

Serum merupakan cairan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih pekat dibanding toner dan essence. Kandungan bahan aktif dalam serum juga lebih bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Pun ada banyak bahan aktif yang digunakan dalam serum seperti zat antipenuaan, zat antioksidan, hyaluronic acid sebagai pelembap, dan berbagai vitamin.

Anda biasanya akan menjumpai serum dengan campuran bahan aktif dengan persentase yang berbeda dan bertingkat. Misalnya kandungan niacinamide dalam serum, bisa Anda jumpai dalam persentase 5 persen atau 10 persen.

Sedangkan kandungan bahan aktif dalam ampoule mirip dengan serum, namun dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Biasanya ampoule mengandung bahan aktif yang lebih spesifik seperti Retinol, Ceramide, Peptide, Vitamin C, ekstrak tumbuhan seperti Centella Asiatica, Asam Hialuronat, dan Asam Esensial.

Kadar bahan aktif yang lebih tinggi tersebut dianggap efektif digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu dan jenis kulit tertentu, jadi Anda memang perlu cermat dalam menggunakan ampoule.

Serum biasanya dikemas dalam botol kaca yang berisi cairan dengan tekstur yang ringan, meski beberapa brand juga memiliki produk serum dengan tekstur yang kental. Walaupun kandungan bahan aktif dalam ampoule lebih pekat, nyatanya tekstur ampoule hampir sama dengan serum pada umumnya. Beberapa brand ada yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang kental, ada juga yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang lebih cair.

Untuk penggunaan, jika Anda hanya menggunakan serum atau ampul saja, maka cukup mudah. Aplikasikan setelah pemakaian toner dan sebelum moisturizer. Namun, jika Anda mengkombinasikan keduanya, cara terbaik menggunakan yaitu dengan mengaplikasikan produk dengan bahan yang paling cair terlebih dahulu, lalu ke yang konsistensinya kental. Baik itu ampoule atau serum yang terpenting lihat dari konsistensi produknya.

Memulai dengan produk yang paling cair akan sangat membantu kulit menyerap produk tersebut. Sehingga memilih produk perawatan wajah dari yang teksturnya cair terlebih dahulu lalu kental sangatlah penting dalam hal merawat kesehatan kulit.

Selain itu, ingatlah bahwa Anda tidak harus mengaplikasikan serum dan ampul ke seluruh wajah. Bacalah petunjuk pada kemasan produk untuk melihat instruksi khusus tentang hal ini.