4 Langkah Awal Perawatan Kulit yang Perlu Diperhatikan Pemula
Ilustrasi (Pavil Danilyuk/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika ingin memiliki kulit wajah yang sempurna, Anda wajib membersihkan wajah sebagai tahap pertama yang harus dilakukan. Pasalnya, kotoran, minyak, dan kulit mati bisa menyumbat pori-pori jika kulit wajah tidak dibersihkan dengan baik. 

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan makeup, teknik double cleansing wajib dilakukan agar residu makeup bisa terangkat sempurna. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak, lalu akhiri dengan sabun berbahan dasar cair.

Selanjutnya, apa lagi yang harus dilakukan? Simak langkah selanjutnya di bawah ini.

Toning

Toning merupakan proses penggunaan toner. Tahap ini sangat penting dilakukan setelah selesai membersihkan wajah. Ada dua jenis toner, yakni exfoliating toner yang membantu mengangkat sel kulit mati dan hydrating toner yang berfungsi menghidrasi kulit serta mempertahankan pH alami kulit. 

Moisturizing

Banyak orang beranggapan kalau moisturizing atau pelembab hanya dibutuhkan oleh pemilik kulit kering dan normal. Padahal, jenis kulit berminyak pun tetap memerlukan kelembapan agar terhindar dari masalah kulit seperti jerawat.

Hanya saja, tekstur pelembab yang digunakan pemilik kulit kering dan berminyak cenderung berbeda. Kulit berminyak sebaiknya memilih moisturizer bertekstur gel yang cepat menyerap. Sementara kulit kering bisa memilih moisturizer cream yang memberi kelembapan lebih lama. 

Protecting

Setelah menggunakan pelembab, jangan lupa gunakan krim pelindung wajah seperti sunscreen. Tanpa perlindungan sunscreen, kulit akan terlihat lebih kusam dan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk perlindungan maksimal di siang hari.