Pakai Eyeliner Hitam atau Cokelat, Cocok Mana? Pertimbangkan 5 Hal Ini
Ilustrasi pertimbangan pakai eyeliner hitam atau cokelat (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Warna eyeliner hitam dan cokelat termasuk netral meskipun Anda memiliki berbagai warna lainnya. Dua warna ini paling banyak dipakai, namun perlu mempertimbangkan mana yang cocok untuk Anda. Lantas apa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih mana eyeliner yang cocok dipakai? Perhatikan daftar berikut.

1. Kesan yang terpancar

Warna cokelat pada dasarnya lebih terang dan lebih halus dibandingkan warna hitam, jelas Tomy Rivero, penata rias profesional. Kalau Anda ingin mata terlihat lebih lembut, maka pilihlah eyeliner warna cokelat. Eyeliner warna cokelat juga mendukung penampilan natural dan no-makeup makeup.

2. Warna mata dan warna kulit

Warna eyeliner cokelat, sangat cocok untuk fitur lebih terang. Terutama bagi pemilik warna mata hijau dan abu-abu. Warna eyeliner ini juga cocok untuk warna kulit cerah. Tergantung Anda memilih tone warna cokelat yang mana. Untuk variasi yang lebih dramatis, bisa memilih cokelat sedikit warna perunggu atau kemerahan.

pertimbangan pakai eyeliner hitam atau cokelat
Ilustrasi pertimbangan pakai eyeliner hitam atau cokelat (Freepik)

Meskipun eyeliner warna hitam atau cokelat terlihat indah, Anda sebaiknya mempertimbangkan kontras dengan fitur wajah dan warna kulit, selain warna mata. Warna kulit putih, tentu akan sangat kontras dengan eyeliner hitam. Untuk memperlembut kekontrasan, Anda bisa memilih eyeliner warna cokelat dengan tone yang lebih gelap.

3. Penampilan dramatis

Berbeda dengan cokelat yang lebih mengesankan penampilan mata yang lembut. Warna eyeliner hitam cocok untuk penampilan dramatis. Kemampuan warna hitam ini, sudah melekat sejak zaman Cleopatra. Menurut penata rias Carly Giglio dilansir Byrdie, Rabu, 6 Maret, eyeliner hitam menciptakan statement. Eyeliner hitam juga cocok untuk menciptakan penampilan glamor. Seperti pada riasan mata cat eye dan smookey.

4. Pertimbangkan ingin menciptakan kesan yang bagaimana

Kalau ingin terkesan lembut, pilihlah eyeliner warna cokelat. Tetapi kalau ingin tampil glamor dan fokus pada mata, Anda bisa memakai eyeliner warna hitam. Tetapi perlu dipahami, keduanya bisa tampak bagus untuk siapa pun.

5. Formula eyeliner

Selain mencocokkan warna eyeliner dengan kesan yang ingin ditampilkan, warna mata, dan warna kulit. Penting juga mempertimbangkan formula eyeliner yang akan dipakai. Untuk formula eyeliner yang cair, sangat bagus untuk membuat grafis mulus meski membutuhkan eksperimen. Ini tentu cukup menantang bagi pemula. Kalau format pensil, akan lebih mudah diaplikasikan bagi pemula. Terutama saat merias mata dengan gaya smookey.

Setelah menyimak pertimbangan mana warna eyeliner yang cocok, Anda bisa menyesuaikan dengan preferensi dan daya tahan pemakaian. Paling penting lagi, semua bisa memakai eyeliner warna hitam atau cokelat. Anda tak harus memilih salah satunya, hanya perlu mempertimbangkan hal-hal spesifik soal kesan riasan dan dalam momen apa memakainya.