Dari Maskara hingga Implan, Ini 4 Perawatan agar Bulu Mata Terlihat Lentik dan Panjang
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini tren bulu mata panjang dan lentik sedang digandrungi. Tak jarang banyak wanita mencari cara memanjangkan bulu mata, baik dengan metode makeup atau pergi ke salon kecantikan. Co-founder salon butik Dubai The Lash Show, Bushra Shakhsheer, melansir Vogue, Kamis, 4 Mei, mengatakan bahwa tren bulu mata palsu telah mereda. Saat ini pelanggan menginginkan perawatan bulu mata panjang alami daripada bulu mata palsu yang lebih tebal di tahun 2010-an.

Nah, bagi Anda yang memiliki bulu mata tipis dan ingin membuat bulu mata Anda tampak lebih panjang dan lentik, berikut VOI bagikan tipsnya.

Serum pelebat bulu mata

“Bulu mata yang panjang dan lentik tidak terjadi begitu saja dalam semalam. Yang mungkin tidak diketahui orang adalah bahwa bulu mata memiliki siklus pertumbuhan tiap tiga bulan, sekali” ungkap pendiri GrandeLash-MD, Alicia Grande. 

Grande merekomendasikan penggunaan serum penumbuh bulu mata sekali sehari. Pastikan serum tersebut mengandung bahan-bahan seperti asam amino, asam hialuronat, dan antioksidan untuk memperkuat, melembabkan, dan menjaga kealamian bulu mata.

Perbedaan panjang dan kerapatan bulu mata dapat terlihat dalam empat hingga enam minggu pemakaian. Setelah itu, gunakan serum pelebat dua kali sehari untuk mempertahankan. Grande mengatakan bahwa pengaplikasian yang tepat adalah kunci mendapatkan hasil maksimal dari serum pelebat bulu mata.

Implan bulu mata

Transplantasi bulu mata adalah prosedur rekonstruksi yang paling cocok untuk orang yang kehilangan bulu mata karena trauma atau penyakit. Dr Ahsen Farooque, ahli bedah transplantasi rambut di Dubai Cosmetic Surgery, mengatakan proses tanpa rasa sakit ini mirip dengan transplantasi rambut, dengan folikel donor dicangkokkan ke garis bulu mata alami menggunakan pena implan. 

Prosedur yang dilakukan spesialis membutuhkan waktu dua hingga tiga jam, dengan hanya satu sesi yang diperlukan untuk mencangkokkan 35 hingga 50 bulu mata pada eyeliner atas, dan 20 hingga 30 cangkokan pada kelopak bawah. Setelah perawatan awal, bulu mata akan terus tumbuh kembali secara alami dari folikel yang ditransplantasikan, tanpa memerlukan sesi implantasi lebih lanjut.

Maskara dengan perawatan intensif

Saat ini, beberapa brand kosmetik terkenal telah meluncurkan maskara yang diciptakan khusus untuk perawatan bulu mata. Dengan menambakan shea butter pada maskara, pertumbuhan bulu mata bisa lebih cepat. Selain itu, kandungan asam amino membuat bulu mata jadi lebih bervolume, panjang, kuat, serta lebih ternutrisi.

Suplemen penutrisi bulu mata

Meski faktor genetik memainkan peran dalam memanjangkan bulu mata, menjaga kesehatan bulu mata adalah salah satu cara terbaik untuk membantu setiap folikel tumbuh lebih baik. Kehilangan nutrisi penting membuat bulu mata mengalami siklus pertumbuhan yang lebih pendek dengan lebih sering rontok dan patah. 

Untuk itu, Anda bisa menutrisi bulu mata dari akarnya dengan suplemen khusus berbahan dasar biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7. Nutrisi yang larut dalam air ini membantu menghasilkan bulu yang lebih tebal dan mendukung produksi keratin, bahan penyusun sel rambut. 

Cari suplemen yang diperkuat dengan asam folat, seng, dan selenium, untuk stimulasi dan dukungan sel yang optimal. Penambahan suplemen vitamin A harian juga membantu Anda menjaga bulu mata sehat lebih lama, sebab vitamin A bantu mendorong produksi minyak alami sehingga folikel rambut dapat terhidrasi dan terhindar dari kerontokan.