Gampang Ditiru, Ini 7 Tips Menumbuhkan Bulu Mata Secara Alami
Ilustrasi Bulu Mata Panjang (Bashir Olawoyin/Pexels

Bagikan:

JAKARTA - Mengetahui cara menumbuhkan bulu mata secara alami benar-benar dapat menghemat banyak penggunaan maskara! Jika Anda memiliki bulu mata panjang alami, maka Anda tak perlu menyibukkan diri mencari cara menumbuhkan bulu mata. Dengan adanya tren bulu mata panjang, VOI punya 10 tips untuk menumbuhkan bulu mata secara alami bagi para pemilik bulu mata pendek. Ikuti tipsnya berikut ini melansir All Woman Talk, Selasa 4 Januari. 

Sering menyisir bulu mata

Kedengarannya aneh bukan? Sebenarnya ada sisir kecil khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyikat bulu mata sebelum memakai maskara. Ini bisa digunakan untuk menumbuhkan sekaligus melebatkan bulu mata. Para ahli di bidang kecantikan percaya jika rutin menyisir bulu mata, maka membuatnya tumbuh sedikit lebih panjang. 

Bersihkan dengan lembut

Saat membersihkan sisa penggunaan maskara, harap lakukan dengan perlahan. Area mata sangat halus, sehingga dibutuhkan kehati-hatian untuk mengaplikasikan maupun menghapus riasan mata. Menarik kulit sekitar mata untuk menghilangkan bekas maskara yang membandel dapat menyebabkan bulu mata patah atau rontok.

Hindari waterproof mascara

Beberapa orang senang menggunakan waterproof mascara karena tahan lama dan juga dapat menjadikan bulu mata lebih lentik. Sayangnya, maskara juga bisa membuat bulu mata lebih kering. Formula tahan air yang kuat menyebabkan waterproof mascara jadi sangat sulit  dihilangkan. Akibatnya, tak sedikit bulu mata ikut rontok saat dibersihkan.

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Anda dapat menggunakannya untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, menghapus riasan, sebagai gel alis, dan membantu memperkuat serta menumbuhkan bulu mata. Buka daun lidah buaya, ambil gel di dalam daun dan aplikasikan dengan rapi pada bulu mata. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

Kurangi penggunaan bulu mata palsu

Bulu mata palsu adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan bulu mata panjang yang diinginkan. Tapi bulu mata palsu dapat merusak bulu mata asli Anda. Lem bulu mata dan mencabut strip bulu mata dapat mematahkan atau bahkan mencabut bulu mata asli. Jika Anda sering menggunakan bulu mata palsu, coba batasi penggunaannya dan gunakan lidah buaya atau VCO untuk melembabkan kembali bulu mata.

Aplikasikan minyak zaitun

Anda cukup mengoleskan sedikit minyak zaitun ke kelopak mata pada malam hari menjelang tidur dan rasakan perbedaannya dalam seminggu. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menumbuhkan bulu mata secara alami.

Santan

Tahukah Anda bahwa lemak sehat dalam santan dapat membantu menumbuhkan bulu mata? Santan juga memberikan kilauan sehingga tampilan bulu mata tampak lebih sehat. Rendam beberapa helai kapas dalam santan dingin, peras cairan, dan letakkan di atas mata . Setelah 10-15 menit, lepaskan kapas, kemudian  cuci bulu mata dengan lembut menggunakan air dingin.