Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam hal makeup, semakin detail akan menghasilkan kesan maksimal. Tetapi ada pula kesan natural dalam gaya makeup, disebut makeup flawless, yang perlu dilakukan secara detail. Menurut pakar makeup, berikut langkah memakai makeup flawless untuk pemula.

1. Siapkan kulit wajah

Langkah persiapan ini, menentukan hasil maksimal dari makeup. Tidak hanya fokus pada riasan, tetapi perawatan sehari-hari penting dilakukan. Tak masalah produk apa yang dipakai, tetapi sebelum memakai riasan wajah, penting mempersiapkan kulit.

Jika kulit Anda kering, gunakan krim dan serum untuk menghidrasi kulit wajah. Sedangkan kulit berminyak, disarankan menggunakan pelembap berbahan dasar air. Pakaikan pelembap setelah wajah bersih dan aplikasikan dengan gerakan memutar secara lembut dan tipis saja.

tips makeup flawless untuk pemula
Ilustrasi tips makeup flawless untuk pemula (Freepik/stockking)

2. Memakai primer

Penata rias progesional Kelli Anne Sewell, jika persiapan kulit dilakukan secara baik, primer dapat dikurangi. Berbeda dengan rekomendasi Daniel Martin, penata rias selebriti dilansir Byrdie, Senin, 10 Juni. Martin merekomendasikan, jika Anda memakai riasan lebih dari empat jam, mau tidak mau lakukan touch-up pada siang hari. Sarannya lagi, carilah primer yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan alas bedak primer tersebut adalah kunci mendapatkan riasan terbaik.

3. Alas bedak dan concealer

Menciptakan primer tanpa cela, adalah seni sekaligus sains. Jadi mana yang dipakai terlebih dulu, alas bedak atau concealer? Pakar makeup menyarankan pakai alas bedak sebelum concealer. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan sesuai kebutuhan. Untuk menyamarkan lingkaran hitam dan hiperpigmentasi, penata rias selebriti yang tinggal di London, Sofia Tilbury, sarannya pakai korektor warna peach untuk menghilangkan pigmen biru-ungu ditambah alas bedak dan concealer di atasnya.

Untuk menenangkan jerawat kemerahan, Martin menyaranka pakai tipis lapisan kortison yang bertindak sebagai penghalang. Ini juga menjaga alas bedan dan concealer menyentuh jerawat. Jika Anda menghadapi jerawat yang sangat parah, Sewell menyarankan untuk menutupi noda dengan concealer kuat sebelum mengaplikasikan alas bedak. Untuk kulit normal, lapiskan tipis saja alas bedak. Ini mencegah riasan terlalu menor, tebal, dan hasil natural.

tips makeup flawless untuk pemula
Ilustrasi tips makeup flawless untuk pemula (Freepik/lookstudio)

4. Bedak tabur

Tergantung alas bedak dan concealer yang Anda pakai. Karena beberapa pilihan produk sudah diformulasikan sekali pakai tetapi sudah memiliki formula bedak. Kalau alas bedak biasa dan concealer, sebagian besar ahli makeup menyarankan segera aplikasikan bedak tabur setelahnya. Kemudian, aplikasikan bedak padat di titik tertentu yang untuk membuat riasan lebih matte. Seperti di zona T dan pada jerawat apa pun yang disamarkan. Terakhir, gunakan bedak tabur bercahaya pada kuas eyeshadow halus untuk mengatur dan memburamkan bagian bawah mata.

5. Bronzer dan/atau kontur

Bronzer atau kontur sebaiknya metode pemakaiannya disesuaikan dengan efek yang diinginkan. Untuk tampilan berkontur dalam, Martin sarankan menggunakan kontur krim sebelum alas bedak sehingga kedalamannya terlihat melalui alas bedak.

Untuk mempertegas dan menonjolkan fitur wajah Anda, usapkan kontur atau bronzer tinggi-tinggi di sepanjang tulang pipi. Lalu tempelkan pada pelipis, garis rahang, dan kedua sisi hidung, padukan dengan kuas dengan gerakan mengetuk.

6. Perona pipi atau highlighter

Aturan praktis dalam memakai perona pipi, pegang gagang kuas lebih jauh ke belakang untuk mengurangi tekanan. Karena semakin banyak tekanan, akan terlihat garis dan blanding tidak terlihat natural. Tetapi lebih baik, gunakan gerakan menepuk ringan saat mengaplikasikan perona pipi. Hasilnya akan tipis dan manis daripada menyeret kuas yang penuh dengan produk perona pipi. Terakhir, sempurnakan blanding agar merata menggunakan spons bedak.

7. Mata

Urutan memakai makeup sebenarnya sesuai preferensi masing-masing. Tetapi banyak ahli makeup pilih merias wajah dulu, baru memakai riasan mata. Saat memakai eyeshadow, gunakan warna tengah di seluruh bagian kelopak. Urutannya, dari yang paling terang dari sudut dalam, yang berkilau di kelopak mata, dan paling gelam pada bagian lipatan dan sudut luar.

Untuk memakai maskara, Martin menyarankan, gunakan cotton bud runcing yang dibasahi guna membasahi ujung bulu mata. Ini untuk mengatasi sisa sepuhan maskara menempel di kelopak mata.

Sebelum memakai pensil alis, pakai gel terlebih dahulu. Ini cara menghapus serpihan alas bedak tersangkut pada rambut alis. Untuk alis tampak alami, sapuan tipis sesuai arah tumbuh rambut alis. Sapukan sedikit lebih tebal pada area yang rambutnya lebih jarang. Pastikan untuk menggunakan tekanan ringan, dan untuk mendapatkan definisi ekstra, coba gunakan dua warna berbeda—satu warna rambut Anda dan satu lagi sedikit lebih terang.

Itulah ketujuh tips memakai makeup flawless untuk pemula. Untuk langkah terakhir, bisa memakai setting spray untuk menutup urutan merias wajah.