Urutan Skincare Remaja dan Treatment yang Tepat, Jangan Asal Pakai!
Ilustrasi urutan skincare remaja (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perawatan kulit perlu dilakukan oleh semua kalangan, tidak hanya orang dewasa namun juga oleh remaja. Apalagi di masa remaja terjadi pertumbuhan hormon yang berpengaruh pada perubahan kulit. Ada urutan skincare remaja untuk menjaga kesehatan kulit anak muda di masa pubertas. 

Urutan skincare remaja biasa disebut dengan basic skincare, yakni tahapan paling dasar dalam memakai skincare. Urutan perawatan kulit ini sangat mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit.

Perawatan kulit pada remaja dapat mencegah munculnya masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, hingga penuaan dini. Ada berbgai produk skincare yang bisa dipilih oleh para remaja. Remaja juga harus mengetahui jenis kulitnya masing-masing, apakah normal, berminyak, kering, atau kombinasi. Dengan mengetahuinya, remaja dapat memilih produk skincare yang tepat untuk jenis kulitnya. 

Ururutan Skincare Remaja

Perawatan kulit sejak masa remaja penting dilakukan untuk menghindari masalah kulit yang bisa muncul di masa mendatang. Penggunaan produk skincare bertujuan untuk memperkuat skin barrier atau pelindung lapisan kulit. 

Namun perawatan kulit remaja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ikuti urutan skincare remaja berikut dalam melakukan perawatan kulit. 

Facial Wash

Tahap pertama dalam ururtan skincare remaja adalah cleanser. Tahapan ini dilakukan melalui facial wash yang berfungsi untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Penggunaan facial wash harus disesuaikan dengan jenis kulit agar tidak menyebabkan iritasi. 

Lakukan facial wash secara rutin setiap dua kali sehari, pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Facial wash dapat mencegah tumpukan debu, polusi, dan munculnya jerawat.

Toner Wajah

Tahapan selanjutnya dalam urutan basic skincare adalah toner wajah. Pemilihan toner wajah juga harus menyesuaikan dengan jenis kulit masing-masing orang. Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan sisa kotoran yang melekat di kulit dan mengembalikan pH kulit. Ingat, hindari toner wajah yang terdapat kandungan alkohol dan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. 

Pelembab Wajah

Setelah melakukan toning, selanjutnya remaja perlu memakai pelembab wajah. Produk pelembab yang disarankan untuk remaja adalah yang formulanya ringan dan tidak mengandung bahan aktif. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi iritasi karena kulit remaja masih sensitif. Penggunaan pelembab dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut, dan mencegah penuaan dini.

Sunscreen

Urutan basic skincare selanjutnya setelah pelembab adalah memakai sunscreen. Sunscreen yang baik bagi remaja yakni yang mengandung SPF minimal 30 dan mengandung mineral yang aman bagi kulit. 

Pemakaian sunscreen perlu dilakukan setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah noda hitam, jerawat, dan kulit kusam. 

Eksfoliasi

Selanjutnya remaja juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Ada berbagai produk eksfoliasi dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kantong remaja. Selain itu, masker eksfoliasi wajah juga bisa dibuat sendiri menggunakan bahan alami. 

Eksfoliasi berperan untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah bebas kusam dan terlihat lebih bersih. Perlu diingat, jangan memakai masker eksfoliasi secara berlebihan. Cukup sebanyak satu kali setiap 1-2 minggu untuk menghindari iritasi.

Itulah urutan skincare remaja yang perlu dilakukan oleh anak-anak muda. Perawatan wajah akan memberikan hasil yang maksimal apabilan dilakukan secara rutin dan dengan produk yang tepat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.