Rutinitas <i>Skincare</i> yang Ampuh Kecilkan Pori-Pori Wajah
Wajah tanpa pori-pori (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meski penampakannya cukup mengganggu, pori-pori dibutuhkan kulit untuk menampung sebum. Pori-pori memang tak bisa dihilangkan, namun untuk menyamarkan penampakannya sangatlah mungkin. Yaitu dengan cara mengecilkan ukurannya dengan rutinitas skincare untuk kecilkan pori-pori.

Mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan dengan sederhana melalui rutinitas skincare sehari-hari. Menjaga pori-pori tetap bersih akan mencegah pori-pori melebar dan membesar. Pori-pori tersumbat membuat ukurannya membesar, terutama pori-pori di area hidung yang memproduksi lebih banyak minyak. Waspada juga, pori-pori tersumbat juga bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

Sebelum melakukan treatment untuk mengecilkan pori-pori, lakukan dulu hal dasar saat Anda melakukan rutinitas skincare guna menjaga pori-pori tetap bersih dan tak tersumbat. Sangat mudah! Cukup dengan 5 langkah berikut ini:

Rutin eksfoliasi

Sebelum eksfoliasi, letakkan handuk hangat di wajah untuk membuka pori-pori. Setelah itu barulah lakukan eksfoliasi secara lembut, fokuskan pada area wajah kering dan pori-pori tersumbat, seperti hidung dan pipi. Lalu, bilas dengan air hangat. Eksfoliasi sebaiknya rutin dilakukan 2-3 kali seminggu untuk kulit normal-berminyak dan sekali seminggu untuk kulit sensitif.

Gunakan face cleanser dengan formula ringan

Membersihkan pori-pori dengan exfoliating cleanser memang lebih mudah. Tapi efek buruknya bisa buat kulit iritasi, jadi lebih baik pakai cleanser yang ringan di wajah, seperti oil-based cleanser yang melembapkan dan menenangkan kulit. Untuk kulit berminyak, bisa pilih cleanser dengan kandungan clay untuk bersihkan pori-pori lebih maksimal.

Rajin pakai pelembab

Apapun keadaan dan jenis kulitnya, pelembab tetap jadi bagian terpenting dalam skincare rutin. Pelembap adalah hal paling mendasar pada rutinitas skincare dan sebaiknya tidak boleh terlewat karena tidak hanya melembapkan kulit, tapi juga mengecilkan pori-pori.

Jika belum tahu, kulit kering dan dehidrasi cenderung lebih banyak memproduksi minyak untuk menyeimbangkan kelembapan kulit. Namun, kelebihan sebum ini justru menyumbat pori-pori. Ini alasan mengapa moisturizer sangatlah penting. Pilih moisturizer dengan formula ringan dan non-comedogenic, juga sesuai dengan jenis kulit.

Rajin pakai masker wajah

Jadikan penggunaan masker wajah sebagai rutinitas mingguan untuk mengoptimalkan pembersihan pori-pori. Sebelum pakai masker, buka dulu pori-pori dengan menempelkan handuk hangat ke wajah selama lima menit. Lalu, pakailah masker seperti biasa. Lakukan 1-2 minggu sekali.

Pakai retinol topikal

Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa menambahkan treatment dengan retinol. Pemakaian retinol dibarengi dengan rutin eksfoliasi dapat mempercepat pergantian sel untuk hasil kulit wajah lebih halus dan mulus.

Sunscreen setiap hari

Paparan sinar matahari di kulit bisa mengurangi produksi kolagen sehingga elastisitas kulit mulai berkurang dan menyebabkan munculnya pori-pori. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka sangat diwajibkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Dengan menggabungkan pelembab dan sunscreen, kulit bakal terasa lembab dan terlindungi dari dampak buruk sinar UV.