Perawatan Kulit Wajah Berminyak, Hindari Lakukan 7 Hal Ini agar Tak Semakin Berkilau
Ilustrasi perawatan wajah untuk kulit wajah berminyak (Pexels/Gabriela Guerino)

Bagikan:

JAKARTA – Produksi sebum pada kulit wajah yang berlebihan acap meresahkan. Terutama ketika matahari sedang terik, wajah akan lebih oily dibanding biasanya. Terlihat berkilau karena produksi minyak berlebih pada kulit, bisa dikurangi jika Anda tidak melakukan sejumlah kesalahan dalam perawatan.

Kesalahan bisa membuat kondisi kulit semakin buruk. Bahkan bisa menyebabkan mudahnya tumbuh jerawat. Maka, hindari lakukan tujuh kesalahan berikut ini ya.

1. Terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah kerap disalahpahami tujuannya. Ketika Anda terlalu sering mencuci wajah, minyak yang menempel akan berkurang tetapi produksi sebum akan semakin banyak sebab sebum bermanfaat menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Artinya cukup cuci wajah sekali atau dua kali setiap hari meski wajah mengkilap.

2. Tidak memakai pelembap

Anda mungkin menduga bahwa mengoleskan pelembap akan membuat kulit wajah berminyak semakin parah. Pada kondisi tertentu hal tersebut memang betul, tetapi pada kondisi kering, kulit tetap membutuhkan pelembap.

Artinya Anda tetap perlu memakai pelembap, namun pilih produk moisturizer yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Ini akan membantu mengatasi kulit kering sekaligus melawan kilau.

perawatan wajah untuk kulit berminyak
Ilustrasi perawatan wajah untuk kulit wajah berminyak (Pexels/Andrea Piacquadio)

3. Cara eksfoliasi yang keliru

Pakar atau dermatolog tetap menyarankan untuk melakukan eksfoliasi, namun jangan terlalu sering karena tidak akan menyelesaikan masalah kulit berminyak. Cara eksfoliasi yang keliru dan dilakukan sering bisa membuat kulit menjadi kering dan produksi sebum semakin meningkat. Alih-alih melakukan eksfoliasi setiap hari, cobalah melakukannya maksimal dua kali seminggu saja.

4. Memakai pore strip

Pore strip dipakai dengan tujuan mengangkap komedo di hidung. Tetapi, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak tidak disarankan memakainya terlalu sering. Mengapa? Sebab produksi sebum tidak akan berkurang meski mengurangi komedo dan membersihkan pori-pori.

Ubah perspektif Anda, bahwa pore strip dipakai bukan untuk mengatasi kulit berminyak tetapi jangan berasumsi bahwa kulit berminyak membutuhkan banyak penggunaan pore strip. Untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa memunculkan masalah kulit berminyak, ikuti petunjuk paket seberapa sering baiknya menggunakan pore strip.

5. Membasuh muka

Seperti halnya mencuci wajah, keseringan membasuh muka tidak akan mengatasi kulit berminyak. Justru ketika minyak terangkat dari kulit, secara alami akan memproduksi sebum lagi. Jadi tahan keinginan untuk memembasuh wajah dengan air.

6. Gonta-ganti produk

Tren produk kecantikan setiap waktu berkembang, namun ini bukan alasan Anda bisa menggonta-ganti produk kecantikan Anda sesering keluarnya produk baru. Jika Anda punya produk yang bermanfaat optimal, tetaplah menggunakannya. Hindari terlalu sering ganti produk karena tak akan baik untuk kulit Anda yang berminyak.

7. Menutup wajah berminyak dengan bedak

Setelah pagi hari memakai alas bedak dan menutupnya dengan bedak, hindari menumpuk bedak ketika wajah mulai berkilau. Ini tidak akan benar-benar berfungsi mengurangi minyak tetapi membuat wajah lengket dan berpotensi memicu jerawat. Maka disarankan mencari produk yang pas untuk kulit berminyak agar tidak perlu menumpuk bedak untuk menutup kilaunya penampilan wajah.