12 Tips Pengobatan Ayurveda untuk Atasi Kulit Wajah Berminyak
Ilustrasi (Mareefe/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ayurveda, sistem penyembuhan alami yang berasal dari India kuno, menawarkan pendekatan holistik untuk menyeimbangkan tubuh, termasuk mengatasi kulit berminyak.

Berikut beberapa tips pengobatan ayurveda untuk membantu mengurangi kulit dengan minyak berlebih, dilansir dari Times of India, Selasa, 19 September.

Bersihkan dengan Air Hangat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mulailah hari Anda dengan membersihkan wajah menggunakan air hangat. Hindari mencuci muka dengan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit.

Gunakan Pembersih Lembut

Setelah mencuci wajah dengan air hangat, sekarang gunakan pembersih wajah. Pilihlah pembersih yang lembut dan alami dengan bahan-bahan seperti nimba, tulsi, atau lidah buaya. Tumbuhan ini memiliki sifat antibakteri dan menenangkan.

Eksfoliasi dengan Scrub Alami

Ada banyak merek scrub yang dijual di pasaran. Namun, gunakan scrub buatan sendiri yang mengandung bahan eksfoliasi lembut seperti oatmeal, besan (tepung gram), atau tepung beras. Ini membantu menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih.

Hindari Bahan Kimia Keras

Hindari produk skincare berbahan kimia keras yang dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Sehingga berpotensi menyebabkan kulit kembali berminyak.

Menyeimbangkan Pola Makan

Gabungkan makanan yang membantu menyeimbangkan Pitta dosha (dosha yang diasosiasikan dengan panas dan sifat manis mulut). Ini termasuk makanan dingin seperti mentimun, mint, ketumbar, dan ghee secukupnya.

Hidrasi dengan Teh Herbal

Minumlah teh herbal seperti mint, kamomil, atau teh ketumbar. Ini memiliki sifat mendinginkan yang dapat membantu menyeimbangkan kelebihan panas dalam tubuh. Kelebihan panas dalam tubuh bisa sebabkan kulit jadi berminyak.

Melembabkan dengan Minyak Esensial

Siapa bilang wajah berminyak tak boleh menggunakan minyak esensial di wajah. Oleskan minyak alami seperti jojoba atau almond dalam jumlah sedikit. Ini dapat membantu mengatur produksi minyak tanpa menyumbat pori-pori.

Gunakan Herbal Astringen

Oleskan toner atau masker wajah yang mengandung herba astringen seperti mawar, witch hazel, atau kayu cendana. Mereka membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak pada kulit.

Masker Wajah Herbal

Masker wajah berbahan dasar tanah liat dengan bahan-bahan seperti Multani mitti (Fuller's Earth) atau kayu cendana dapat membantu menyerap minyak berlebih dan memperbaiki tekstur kulit.

Berlatih Teknik Pengurangan Stres

Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Berlatih yoga, meditasi, atau latihan pernapasan dalam untuk mengurangi tingkat stres.

Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh secara keseluruhan. Hidrasi yang tepat membantu menjaga keseimbangan kulit. Kondisi kulit pun jadi lebih seimbang, tidak kering pun tidak berminyak.

Hindari Makanan Pedas dan Gorengan

Makanan ini dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Agar minyak berlebih di kulit bisa terangkat,  pilihlah pola makan nabati yang seimbang. Sebisa mungkin jauhi makanan dengan cita rasa pedas, pun sama halnya dengan makanan yang digoreng.