Merawat Rambut dengan Kunyit, Apa Manfaatnya? Bantu Atasi Ketombe Hingga Cegah Kerontokan
Ilusrasi merawat rambut dengan kunyit (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kunyit merupakan salah satu rempah yang kerap dipakai sebagai bumbu dalam kuliner khas Indonesia, seperti kari, gulai, hingga opor. Rempah berwarna oranye atau kekuningan ini, juga banyak manfaatnya kalau dipakai untuk bahan merawat rambut.

Kunyit juga dipakai pengobatan Ayurveda hingga perawatan kecantikan. Selain dipakai untuk masker wajah, kunyit bermanfaat untuk perawatan rambut seperti berikut di bawah ini.

1. Mencegah kerontokan rambut

Kunyit memiliki kekuatan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah penipisan rambut. Menurut William Gaunitz, WTS., ahli trikologi bersertifikat, sebagian besar rambut rontok disebabkan peradangan pada tingkat tertentu. Dengan mengurangi peradangan maka bisa meminimalisir dampak kerontokan rambut. Kunyit bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi peradangan pada folikel di kulit kepala.

merawat rambut dengan kunyit
Ilusrasi merawat rambut dengan kunyit (Freepik/jigsawstocker)

2. Melawan ketombe

Jika kunyit bersifat anti-inflamasi dan antibakteri, maka bisa membantu mengatasi ketombe. Melansir Byrdie, Rabu, 20 September, ketombe harus segera ditangani supaya tidak membuat rambut rontok. Merawat rambut dengan kunyit, dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan kunci rambut indah.

3. Mengontrol produksi minyak

Kunyit sangat bagus untuk merawat rambut berminyak dan kulit kepala karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Ini dapat menghentikan mikroorganisme yang rentan menyerang kulit kepala berminyak.

4. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Masih karena sifat anti-inflamasi, kunyit bisa membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala. Kunyit bisa menyembuhkan iritasi yang mungkin tidak bisa dilakukan produk perawatan kulit kepala lainnya. Kunyit juga termasuk bahan alami sehingga meminimalisir risiko iritasi semakin parah.

merawat rambut dengan kunyit
Ilusrasi merawat rambut dengan kunyit (Freepik/cookie_studio)

5. Melindungi rambut dari stres lingkungan

Tingginya polusi udara perlu direspons secara bijak. Selain memberikan perlindungan bagi kulit dan pernapasan, Anda juga perlu melindungi rambut serta kulit kepala. Penting diketahui, radikal bebas dapat merusak rambut serta kulit kepala. Maka antioksidan dalam kunyit cukup membantu untuk melawan radikal bebas.

Para ahli sepakat bahwa merawat rambut dengan kunyit bisa dilakukan semua jenis rambut. Tetapi kalau memiliki kondisi peradangan, Anda perlu memantau kemajuan dalam perawatan. Pada beberapa kasus, kunyit mungkin memperburuk iritasi yang disebabkan paparan bahan kimia berkelanjutan serta alergi. Maka apabila kondisi kulit kepala dan rambut sangat parah, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum memilih kunyit untuk perawatan.

Cara menggunakan kunyit untuk merawat rambut, bisa dengan dioleskan secara topikal. Misalnya dicampurkan dalam masker DIY yang mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk melembapkan rambut. Setelah masker jadi, Anda bisa mengoleskan secara merata lalu diamkan selama 15-20 menit agar bahan bermanfaatnya menyerap dalam rambut. Terakhir, keramas menggunakan sampo dan kondisioner favorit Anda.