Kenapa Pisang Jadi Buah Terbaik untuk Perawatan Rambut?
Ilustrasi (Mike Jones/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Gaya hidup, pilihan diet, sikap ceroboh memperlakukan rambut, stres, serta lingkungan yang buruk menyebabkan rambut kering, kusut, dan rusak. Untuk merawat kerusakan rambut, biasanya orang rela menghabiskan banyak biaya. Tapi lupa menggunakan salah satu bahan paling ekonomis dan mudah ditemukan di sekitar, yaitu pisang.

Pisang memiliki berbagai unsur nutrisi seperti vitamin, magnesium, potassium, dan silikon yang dapat membantu memulihkan rambut rusak. Masker pisang untuk rambut dianggap sebagai kondisioner super alami yang menambah pantulan pada rambut, meningkatkan daya tahan, dan membuatnya mudah diatur. Masker rambut pisang juga sangat efektif dalam mengobati dan mencegah ketombe karena sifat antimikrobanya.

Rambut yang dirawat secara berlebihan dapat menyebabkan kerontokan rambut karena bahan kimia beracun yang ditemukan dalam pewarna dan produk penataan rambut. Pilih produk penataan rambut Anda dengan bijak. Teliti dan konsultasikan dengan spesialis untuk memilih produk yang tepat. Rawat rambut Anda secara ekstra di musim panas dan gunakan masker rambut buatan sendiri dengan mencampurkan pisang dengan susu atau krim untuk melembabkan rambut dan mencegah kerusakan.

Lalu, bagaimana cara membuat masker rambut dari pisang? Menyadur Times of India, Jumat, 24 Maret, berikut langkah-langkahnya.

Campurkan 1 buah pisang, 1 sendok teh gel lidah buaya, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Haluskan ini bersama-sama dalam mixer dan buat pasta halus. Oleskan secara merata ke rambut Anda dan biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Biasakan menggunakan masker pisang setiap dua minggu sekali untuk menutrisi rambut Anda dan memberikan perawatan yang layak. Jangan khawatir jika bulir pisang tersangkut di rambut Anda. Perlu satu atau dua kali keramas untuk benar-benar membersihkan sisa masker dari rambut.

Cara lain yang bisa Anda coba di rumah untuk melembabkan rambut kering dan kusut adalah dengan mengambil satu sendok makan kondisioner, setengah pisang tumbuk, satu sendok makan air perasan lemon, satu sendok teh minyak zaitun, 2 sendok makan dadih, dan 2-3 tetes minyak lavender. Campur semua bahan hingga membentuk pasta masker. Diamkan selama 20 menit pada rambut lalu bilas. Tips ini akan memberi Anda rambut halus dan berkilau secara instan.

Masker rambut pisang efektif lainnya adalah dengan mencampurkan 1 buah pisang matang dengan 1 buah alpukat matang, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker pada kulit kepala dan helai rambut Anda dan biarkan selama 15 menit.