7 Tips Memilih Skincare untuk Area T-Zone Wajah Berminyak
Ilustrasi skincare untuk area T-zone wajah berminyak (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda memiliki kulit kombinasi, yang mana pada area T-zone wajah berminyak sedangkan pipi kering, maka perlu memilih skincare secara tepat. Daripada buruk pengaruhnya pada penampilan, maka ikuti tips berikut dalam memilih skincare untuk area T-zone wajah berminyak.

1. Hindari pembersih wajah berbasis alkohol

Meskipun sulit dalam memilih pembersih wajah yang tanpa mengandung alkohol, tetapi Anda bisa menyeleksi berdasarkan bahan utamanya. Pilih bahan utama yang aman, paling penting hindari pembersih berbasis alkohol. Pakai sabun pencuci wajah, tetapi batasi pemakaian dua kali sehari. Atau bisa menggunakannya sebagai tambahan saat setelah aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Penting juga memilih pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan sesekali gunakan eksfoliator lembut untuk menghilangkan kotoran.

2. Pakai pelembap berbahan dasar air yang bersifat non-komedogenik

Ketika area T-zone wajah berminyak, Anda tetap membutuhkan pelembap. Tetapi pilih pelembap yang berbasis air dan berlabel non-komedogenik. Cara memakainya, aplikasikan tipis pada zona T dan lebih tebal pada bagian pipi untuk mengatasi kekeringan.

skincare untuk area T-zone wajah berminyak
Ilustrasi skincare untuk area T-zone wajah berminyak (Freepik)

3. Memakai masker tanah liat dan tea tree oil

Masker dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyerap minyak berlebih. Untuk wajah berminyak khususnya area T-zone, pakai masker tanah liat dan tea tree oil. Kedua bahan ini membantu mengoreksi pori-pori yang berkomedo dan mengangkatnya bersih.

4. Selalu sedia kertas blotting

Setelah merias wajah pada area kulit berminyak, kemungkinan akan terlihat berkilau. Alih-alih mencoba menutupinya dengan bedak yang berisiko cakey, lebih baik usapkan blotting paper yang bisa menyerap minyak berlebih dan mengurangi kilap.

5. Bedak tabur

Menurut penata rias Carmindy dilansir All Women’s Talk, Senin, 21 Agustus, selalu pilih bedak tabur untuk mengatur riasan Anda. Bedak padat bisa dipakai untuk sisi yang lebih berat dan membantu menyerap serta mengontrol kilau jauh lebih baik daripada bedak tabur yang ringan. Carmindy juga merekomendasikan untuk menghindari riasan berbahan dasar krim pada perona pipi atau alas bedak karena mudah luntur pada kulit berminyak.

skincare untuk area T-zone wajah berminyak
Ilustrasi skincare untuk area T-zone wajah berminyak (Freepik)

6. Pilih alas bedak matte

Area T wajah yang berminyak, bisa menggunakan alas bedak matte bebas minyak. Kalau Anda menggunakan formula alas bedak yang tepat, riasan akan bertahan lebih lama dan menghindari perubahan warna yang biasa terjadi pada area kulit berminyak. Maka carilah alas bedak bubuk atau mineral atau Anda mungkin ingin mencoba pelembap berwarna ringan dengan bedak padat yang bagus untuk hasil akhir yang sempurna.

7. Pakai primer yang tepat

Paling penting dilakukan bagi pemilik area T-zone wajah berminyak, ialah melapisi wajah sebelum meriasnya. Maka supaya riasan bertahan lebih lama, ganti primer dengan gel atau krim mattifying pada zona-T Anda.

Selain tujuh tips memilih skincare untuk area T-zone wajah berminyak di atas, ada banyak cara berbeda untuk menghadapi masalah ini. Kalau Anda sudah menemukan cara terbaik, semoga penjelasan di atas bisa jadi alternatif dalam memilih skincare sesuai tipe kulit Anda.